5 Kebijakan Kamala Harris untuk Mendukung Israel Jika Terpilih Jadi Presiden AS

Senin, 02 September 2024 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Menyoroti seruan oleh kaum progresif untuk menahan pengiriman senjata ke Israel, CNN bertanya kepada Harris apakah dia akan mengambil pendekatan yang berbeda terhadap perang Israel-Hamas daripada yang dilakukan Biden. Pewawancara Dana Bash tidak menyebutkan bahwa Biden sebenarnya telah menahan satu pengiriman bom berat, meskipun sebagian darinya akhirnya dilepaskan dan semua pengiriman lainnya terus berlanjut.

Harris memulai jawabannya dengan mengubah haluan, mengulangi pernyataan yang dia buat dalam pidatonya di Konvensi Nasional Demokrat minggu lalu.

"Saya tegas dan teguh dalam komitmen saya terhadap pertahanan Israel dan kemampuannya untuk membela diri, dan itu tidak akan berubah," kata Harris, dilansir Times of Israel.

4. Mendorong Gencatan Senjata

5 Kebijakan Kamala Harris untuk Mendukung Israel Jika Terpilih Jadi Presiden AS

Foto/AP

Wakil presiden kemudian menegaskan kembali keyakinannya pada kebutuhan mendesak akan gencatan senjata dan perjanjian pembebasan sandera antara Israel dan Hamas. Negosiasi tidak langsung berlanjut di Doha minggu ini, meskipun kedua belah pihak masih berselisih pendapat mengenai penarikan pasukan IDF dari dua koridor utama: Philadelphia antara Mesir dan Gaza, dan Netzarim, yang membagi bagian utara dan selatan daerah kantong tersebut.

“Perang ini harus berakhir, dan kita harus mencapai kesepakatan untuk mengeluarkan para sandera,” tegas Harris, seraya mencatat bahwa ia telah bertemu dengan keluarga dari delapan sandera Amerika. “Mari kita selesaikan gencatan senjata.”

Didesak lagi apakah ia akan mengubah kebijakan saat ini mengenai pengiriman senjata, Harris menjawab, “Tidak” sebelum segera melanjutkan pendapatnya tentang perlunya kesepakatan sandera.

“Ketika Anda melihat signifikansi hal ini bagi keluarga, bagi orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut — kesepakatan bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan guna mengakhiri perang ini, tetapi juga akan membuka banyak hal yang harus terjadi selanjutnya,” kata wakil presiden, tidak menyimpang dari pesannya.

5. Mendorong Solusi Dua Negara untuk Mengamankan Israel

5 Kebijakan Kamala Harris untuk Mendukung Israel Jika Terpilih Jadi Presiden AS

Foto/AP

“Saya tetap berkomitmen — sejak saya menjabat pada 8 Oktober — terhadap apa yang harus kita lakukan untuk mencapai solusi dua negara, di mana Israel aman dan — dalam ukuran yang sama — Palestina memiliki keamanan, penentuan nasib sendiri, dan martabat,” tambah calon presiden dari Partai Demokrat tersebut.

Dalam pidatonya di DNC minggu lalu, Harris berjanji bahwa jika ia terpilih pada bulan November, Israel akan selalu memiliki dukungan yang dibutuhkannya untuk mempertahankan diri.

“Saya tegaskan: Saya akan selalu membela hak Israel untuk mempertahankan diri dan saya akan selalu memastikan Israel memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri,” katanya, yang disambut tepuk tangan meriah dari puluhan ribu orang di United Center.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0790 seconds (0.1#10.140)