Terancam oleh Rusia, Polandia Kini Miliki Jet Tempur Siluman F-35

Kamis, 29 Agustus 2024 - 09:23 WIB
loading...
Terancam oleh Rusia,...
Polandia, yang merasa terancam oleh Rusia, sekarang memiliki jet tempur siluman F-35. Foto/Bartosz G?owacki/Breaking Defense
A A A
FORT WORTH - Polandia, yang merasa terancam oleh Rusia sejak perang Ukraina pecah Februari 2022, sekarang memiliki jet tempur siluman F-35 buatan Lockheed Martin Amerika Serikat (AS).

Lockheed Martin pada hari Rabu meluncurkan jet tempur siluman pertama untuk negara NATO tersebut dalam upacara akbar di pabrik raksasa mereka di Fort Worth, Texas.

“Pesawat ini akan menjadi kontributor besar bagi keselamatan regional Polandia, dan bukan hanya Polandia, [juga] kredibilitas [dan] pencegahan NATO,” kata Mayor Jenderal Ireneusz Nowak, inspektur jenderal Angkatan Udara Polandia, selama upacara tersebut.

“Jadi kami akan menggunakannya dan kami akan mencapai tujuan kami," ujarnya.



Berbicara kepada pilot Polandia yang hadir dalam upacara, Nowak mendoakan mereka agar beruntung, serta jumlah lepas landas dan pendaratan yang sama.

Dia berharap jet tempur canggih tersebut tidak perlu digunakan dalam pertempuran. "Jadi mari kita gunakan saja untuk pencegahan," ujarnya, seperti dikutip dari Breaking Defense, Kamis (29/8/2024).

F-35 yang diluncurkan hari Rabu adalah yang pertama dari 32 unit untuk Polandia, setelah Warsawa pada tahun 2020 menandatangani kesepakatan senilai USD4,6 miliar dengan Washington untuk jet tempur dalam konfigurasi lepas landas dan pendaratan konvensional.

Termasuk dalam pesanan tersebut adalah 33 mesin F135 yang dibuat oleh Pratt & Whitney, serta layanan pelatihan dan logistik.

Jet tersebut akan dikirimkan sedikit demi sedikit selama beberapa tahun dari jalur produksi internasional Lockheed yang padat, dan Kementerian Pertahanan Polandia sebelumnya mengatakan semuanya akan tiba pada tahun 2030.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)