Khamenei Beri Lampu Hijau untuk Berdialog dengan AS

Rabu, 28 Agustus 2024 - 18:45 WIB
loading...
Khamenei Beri Lampu...
Ayatollah Ali Khamenei memberikan lampu hijau untuk berdialog dengan AS. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran , Ayatollah Ali Khamenei, memperingatkan pemerintahnya agar tidak mempercayai Amerika Serikat. Tapi, dia juga menyatakan bahwa ada Tidak ada salahnya terlibat dalam negosiasi dengan Washington.

Berbicara selama pertemuan dengan pemerintah yang baru dibentuk, yang dipimpin oleh Presiden Masoud Pezeshkian, Khamenei mengatakan ia secara khusus merekomendasikan penunjukan individu tertentu selama konsultasinya dengan Pezeshkian.

Melansir Middle East Monitor, Khamenei menekankan bahwa salah satu prioritas pemerintah baru harus mengatasi masalah harga tinggi dan inflasi. Ia menambahkan bahwa menyelesaikan masalah ekonomi tidak boleh bergantung pada negosiasi dengan Barat.

“Kita tidak boleh menaruh harapan pada musuh; kita tidak boleh menunggu musuh menyetujui rencana kita,” kata Khamenei. Ia melanjutkan, “Tentu saja, ini tidak berarti kita tidak akan terlibat dengan musuh sama sekali, tetapi masalahnya adalah kita tidak boleh menaruh kepercayaan pada mereka.”



Pada tahun 2015, Iran menandatangani perjanjian dengan kelompok P5+1 – lima anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, Inggris, dan Prancis) ditambah Jerman – untuk mengatur dan memantau aktivitas nuklir Teheran dengan imbalan pencabutan sanksi.

Namun, pada tahun 2018, di bawah mantan Presiden Donald Trump, Washington secara sepihak menarik diri dari perjanjian tersebut dan mulai memberlakukan kembali "sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya" terhadap Iran.

Sebagai tanggapan, Teheran secara bertahap menangguhkan komitmennya berdasarkan kesepakatan tersebut dan mengambil beberapa langkah, termasuk melanjutkan pengayaan uranium tingkat tinggi.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)