5 Negara Paling Tidak Aman Jika Perang Dunia III Terjadi, Mana Saja?

Rabu, 28 Agustus 2024 - 11:04 WIB
loading...
5 Negara Paling Tidak...
Warga duduk di depan rumah mereka yang hancur akibat serangan Rusia di Zaporizhzhia, Ukraina, 27 Agustus 2024. Foto/AP/Andriy Andriyenko
A A A
WASHINGTON - Sedikitnya ada lima negara paling tidak aman jika Perang Dunia III terjadi. Salah satunya adalah Israel.

Rentetan konflik global yang terjadi belakangan ini menimbulkan spekulasi bahwa Perang Dunia III (PD III) mungkin akan terwujud. Pemicunya sendiri bisa dari banyak arah, baik Eropa hingga kawasan Timur Tengah.

Menyikapi potensi meletusnya PD III, ada sejumlah negara yang terlibat. Sebagai konsekuensi keterlibatannya ini, mereka juga harus sadar bahwa wilayahnya akan ikut terancam untuk diserang.

Lalu, negara mana saja yang paling tidak aman jika Perang Dunia III benar-benar terjadi?

Negara Paling Tidak Aman Jika Perang Dunia III Terjadi

1. Amerika Serikat


Sebagai salah satu kekuatan militer terbesar di dunia, sudah jelas bahwa Amerika Serikat akan terlibat. Bahkan, sebagian orang memperkirakan bahwa Negeri Paman Sam ini akan menjadi salah satu inisiatornya.

Bicara soal kepentingan, AS memiliki banyak agenda. Sebut saja dari mempertahankan Ukraina dari Rusia, membantu Israel dari ancaman Iran hingga memprovokasi China dalam konfliknya dengan Taiwan.

Sederet kepentingan itu rasanya cukup untuk membuat AS terpaksa ikut perang besar-besaran jika benar terjadi nantinya. Dalam cakupan lebih besar, bisa saja mereka ikut melibatkan anggota NATO lain sebagai pendukungnya.

Satu hal yang pasti, terlepas dari kokohnya pertahanan yang mungkin dimiliki Washington, perang bisa memunculkan kejutan sendiri. Maka dari itu, rasanya warga Amerika Serikat perlu waspada jika nantinya Perang Dunia III benar-benar meletus.

2. Rusia


Pada awal tahun ini, Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps memperingatkan dunia dapat dilanda perang yang melibatkan negara-negara adidaya. Adapun salah satunya adalah Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)