Wakil PM Italia Beberkan Skenario Perang Dunia III

Rabu, 21 Agustus 2024 - 21:30 WIB
loading...
Wakil PM Italia Beberkan...
Perang Dunia III bisa pecah karena dukungan Barat ke Ukraina. Foto/AP
A A A
ROMA - Negara-negara Barat yang mendukung Ukraina memicu Perang Dunia III karena menyediakan senjata bagi Kiev yang dapat digunakan untuk menyerang target di dalam wilayah Rusia. Demikian diungkapkan Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini.

Pejabat Rusia mengklaim bahwa militer Ukraina telah menggunakan senjata yang dipasok Barat dalam serangan mereka di Wilayah Kursk. Beberapa media Barat telah menerbitkan artikel dengan klaim serupa akhir-akhir ini. Sejumlah pendukung Kiev juga secara terbuka memberikan lampu hijau untuk menggunakan senjata yang mereka sediakan di tanah Rusia.

Berbicara kepada media Il Sussidiario pada hari Rabu, Salvini, yang juga menjabat sebagai menteri infrastruktur dan transportasi serta memimpin partai Lega Nord (Liga Utara), mengatakan bahwa "pengiriman senjata untuk menyerang dan membunuh juga di wilayah Rusia akan menjadi bencana, ruang depan konflik dunia yang dramatis."

Wakil perdana menteri menambahkan bahwa partai sayap kanannya tidak menentang pemberian "bantuan kemanusiaan dan militer untuk memberi Ukraina kemungkinan untuk mempertahankan diri."

Menjelang pemilihan Parlemen Eropa pada bulan Juni, Salvini mendesak warga Italia untuk tidak membiarkan partai sayap kiri menang, karena mereka, bersama dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, akan membuat prospek perang dunia ketiga menjadi sangat nyata.

"Saya sangat meminta pemungutan suara menentang perang, untuk mengisolasi pembom berbahaya seperti Macron," katanya saat itu. Salvini juga memuji pemerintah Italia atas sikap tegasnya terhadap pihak-pihak di Eropa yang berbicara tentang kemungkinan pengerahan pasukan Barat ke Ukraina, setelah sebelumnya mengkritik presiden Prancis karena menolak mengesampingkan hal ini.

Wakil perdana menteri juga menyatakan pada bulan Juni bahwa "kami tidak akan lagi menyetujui pengiriman senjata jenis apa pun kecuali kami memiliki kepastian bahwa senjata tersebut tidak akan digunakan untuk menyerang dan membunuh di dalam wilayah Rusia."



"Insiden itu akan membawa kita langsung ke Perang Dunia Ketiga," katanya saat itu.

Pada akhir bulan Mei, Menteri Pertahanan Guido Crosetto mengutip konstitusi Italia, menekankan bahwa senjata yang dipasok Italia ke Ukraina hanya dapat digunakan di dalam wilayah negara tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)