alexametrics

Ikan Aneh Mirip Alien Ditemukan di Norwegia

loading...
Ikan Aneh Mirip Alien Ditemukan di Norwegia
Ikan aneh mirip alien ditemukan pemancing di perairan Norwegia. Foto/Oscar Lundahl
A+ A-
OSLO - Seorang pemancing mendapat kejutan dalam hidupnya ketika dia secara tidak sengaja menarik ikan aneh yang dia sebut monster mirip alien dari laut. Ikan tersebut adalah ratfish, yakni kerabat hiu yang sudah ada sejak 300 juta tahun.

Pemancing bernama Oscar Lundahl, 19, hampir melompat keluar dari perahunya ketika dia melihat spesies aneh dengan mata bulat di tepi kepala.

Spesies ini nama Latin-nya adalah Chimeras Monstrosa Linnaeus yang penampakannya kerap dikaitkan dengan monster dari mitos Yunani yang memiliki kepala singa dan ekor naga.



Ratfish hidup di air laut yang dalam dan jarang muncul atau pun ditangkap nelayan. Meskipun ratfish tidak berbahaya bagi manusia dan memakan krustasea seperti kepiting dan siput laut, penampilan anehnya cukup menyeramkan bagi nelayan.

Mata besarnya diyakini untuk membantu ikan itu melihat dalam kegelapan di perairan yang dalam. Lundahl sedang memancing ikan halibut biru ketika dia menangkap ratfish secara tidak sengaja di Pulau Andoya di Norwegia utara.

Dia memiliki empat kail dengan makarel sebagai umpan dan sedang memancing di perairan sedalam 800 meter pada saat itu.

"Kami sedang mencari halibut biru yang merupakan spesies langka sekitar 8 kilometer dari pantai," kata Lundahl, yang juga sebagai pemandu pemancing untuk Nordic Sea Angling.

“Saya memiliki empat kait pada satu baris dan merasakan sesuatu yang cukup besar di ujungnya. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk menariknya," ujarnya, dikutip The Sun, Senin (16/9/2019).

“Ada dua halibut di dua kait dan saya sangat senang tentang itu dan kemudian saya melihat ada sesuatu yang lain," katanya.

“Sangat menakjubkan. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Itu hanya terlihat aneh, seperti dinosaurus. Saya tidak tahu apa itu tetapi rekan saya tahu," ujarnya.

Lundahl mengklaim bahwa karena perubahan tekanan yang ekstrem, ratfish itu tidak selamat dari pengalaman.

Tidak ingin menyia-nyiakannya, dia lantas membawa pulang ratfish dan menggorengnya. Menurutnya, meskipun penampilannya jelek, tapi rasanya enak.

"Ini agak seperti ikan cod, tapi enak," katanya.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak