Bus Pengangkut Peziarah Syiah dari Pakistan Jatuh ke Jurang, Sedikitnya 28 Orang Tewas

Rabu, 21 Agustus 2024 - 14:45 WIB
loading...
A A A
Iran memiliki salah satu catatan keselamatan lalu lintas terburuk di dunia dengan sekitar 17.000 kematian setiap tahunnya. Jumlah korban tewas yang sangat besar ini disebabkan oleh ketidakpedulian yang meluas terhadap undang-undang lalu lintas, kendaraan yang tidak aman, dan layanan darurat yang tidak memadai di daerah pedesaannya yang luas.

Para peziarah sedang dalam perjalanan ke Irak untuk memperingati Arbain.

Arbain — bahasa Arab untuk angka 40 — menandai kematian cucu Nabi Muhammad, Hussein, di tangan pasukan Umayyah Muslim dalam Pertempuran Karbala, selama abad pertama sejarah Islam yang penuh gejolak.

Hussein dipandang oleh para pengikutnya sebagai pewaris sah warisan nabi. Ketika ia menolak untuk bersumpah setia kepada kekhalifahan Umayyah, ia terbunuh dalam pertempuran itu, yang memperkokoh perpecahan antara Islam Sunni dan Syiah.

Para peziarah berkumpul di Karbala, Irak, dalam apa yang dianggap sebagai pertemuan publik tahunan terbesar di dunia. Acara ini menarik puluhan juta orang setiap tahun. Polisi Iran mengatakan 3 juta peziarah telah meninggalkan perbatasan negara itu menuju Karbala.

Kemudian, Kecelakaan bus terpisah Rabu dini hari di provinsi Sistan dan Baluchestan di tenggara Iran menewaskan enam orang dan melukai 18 orang.
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)