Siapa Korbein Schultz? Prajurit AS yang Mengaku Bersalah Menjual Informasi Rahasia ke China

Rabu, 14 Agustus 2024 - 18:45 WIB
loading...
Siapa Korbein Schultz?...
Korbein Schultz, mengaku bersalah atas tuduhan yang menuduhnya menjual informasi sensitif terkait kemampuan militer AS. Foto/CBS
A A A
WASHINGTON - Seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat Sersan Korbein Schultz, mengaku bersalah atas tuduhan yang menuduhnya menjual informasi sensitif terkait kemampuan militer AS, termasuk lusinan dokumen yang membahas berbagai topik mulai dari sistem roket hingga taktik militer China.

Sersan Korbein Schultz, yang juga seorang analis intelijen, mengajukan pembelaan bersalah pada Selasa (13/8/2024) di pengadilan federal di Nashville. Sebelumnya ia mengaku tidak bersalah, lalu bulan lalu meminta sidang untuk mengubah pembelaannya.

"Secara total, Schultz menerima sedikitnya 14 pembayaran dengan total USD42.000," kata jaksa penuntut.

Siapa Korbein Schultz? Prajurit AS yang Mengaku Bersalah Menjual Informasi Rahasia ke China

1. Mengaku Bersalah Melakukan Kejahatan Militer

Schultz didakwa dalam dakwaan enam dakwaan, termasuk berkonspirasi untuk memperoleh dan mengungkapkan informasi pertahanan militer dan penyuapan pejabat publik. Pria berusia 24 tahun itu ditangkap pada bulan Maret di Fort Campbell, yang terletak di perbatasan Tennessee-Kentucky, tak lama setelah dakwaan dirilis.

Ia mengaku bersalah atas semua dakwaan terhadapnya dan akan dijatuhi hukuman pada tanggal 23 Januari 2025. Pembela umum federal yang mewakili Schultz menolak berkomentar pada hari Selasa.

"Kasus ini harus menjadi peringatan: jika ada anggota Angkatan Darat, baik yang masih aktif maupun yang sudah pernah dimintai informasi rahasia atau sensitif, mereka harus melaporkannya ke pihak berwenang yang sesuai dalam waktu 24 jam atau akan dimintai pertanggungjawaban penuh atas kelambanan mereka," kata Brigadir Jenderal Rhett R. Cox, Komandan Jenderal Komando Kontraintelijen Angkatan Darat, dilansir AP.


2. Memiliki Izin untuk Mengakses Rahasia Tingkat Tinggi

Dakwaan tersebut menuduh bahwa Schultz — yang memiliki izin keamanan rahasia tingkat tinggi — berkonspirasi dengan seseorang yang diidentifikasi hanya sebagai "Konspirator A" untuk mengungkapkan berbagai dokumen, foto, dan materi pertahanan nasional lainnya sejak Juni 2022. Dakwaan tersebut mengatakan bahwa Schultz direkrut oleh orang tersebut bukan hanya karena izin keamanannya tetapi juga karena ia ditugaskan untuk mengumpulkan informasi militer AS yang sensitif.

Beberapa informasi yang diduga diberikan Schultz kepada orang tersebut termasuk informasi yang terkait dengan sistem senjata roket, rudal, dan artileri, termasuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi; peralatan hipersonik; taktik untuk melawan pesawat nirawak; satelit militer AS; studi tentang perkembangan masa depan pasukan militer AS; dan studi tentang latihan militer dan operasi di negara-negara besar seperti China.

3. Menyerahkan Dokumen Rahasia kepada Orang yang Tinggal di Hong Kong

Dakwaan tersebut menyatakan bahwa Schultz awalnya diminta untuk memberikan dokumen yang merinci pelajaran yang dapat dipelajari dari perang Rusia dengan Ukraina dan bagaimana pelajaran tersebut dapat diterapkan kepada AS dalam membantu Taiwan jika terjadi serangan. Schultz dibayar USD200 untuk informasi tersebut, yang kemudian mendorong Konspirator A untuk meminta "kemitraan jangka panjang."



Konspirator A, yang digambarkan dalam dakwaan sebagai warga negara asing yang mengaku tinggal di Hong Kong, kemudian menyarankan bahwa Schultz dapat memperoleh lebih banyak uang jika ia menyerahkan materi "khusus internal" daripada dokumen yang tidak dirahasiakan.

Sersan Schultz, yang memegang izin keamanan untuk mengakses informasi rahasia, berkonspirasi untuk mengumpulkan data dengan seseorang yang ia yakini tinggal di Hong Kong, menurut dokumen pengadilan.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)