Padamkan Kebakaran Hutan Amazon, Bolsonaro Minta Bantuan Trump

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 05:36 WIB
Padamkan Kebakaran Hutan Amazon, Bolsonaro Minta Bantuan Trump
Padamkan Kebakaran Hutan Amazon, Bolsonaro Minta Bantuan Trump
A A A
BRASILIA - Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, mengatakan ia tengah menunggu berita tentang permintaan bantuannya kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk memadamkan kebakaran hutan hujan Amazon.

Berbicara kepada wartawan di Brasilia, Bolsonaro mengatakan berita tentang front ini bisa terwujud setelah Menteri Luar Negeri Brazil Ernesto Araujo dan putra presiden Eduardo Bolsonaro bertemu dengan presiden AS, meskipun tidak jelas kapan tepatnya pertemuan itu akan berlangsung.

Keduanya terbang ke Washington pada Kamis malam, dengan Eduardo Bolsonaro mengatakan kepada wartawan sebelum berangkat bahwa krisis Amazon "pasti" akan dibahas.

Eduardo Bolsonaro akan ditunjuk oleh ayahnya sebagai duta besar Brasil yang baru untuk Amerika Serikat, tetapi namanya belum dikirim ke Senat untuk pemungutan suara dan konfirmasi.

Presiden Bolsonaro juga mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa ia akan berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di kemudian hari.

“Panggilan telepon dengan Angela Merkel dijadwalkan untuk hari ini. Saya siap untuk berbicara dengan beberapa orang, kecuali Macron kita yang terkasih, kecuali dia meminta maaf tentang kedaulatan kita atas Amazon, ”kata Bolsonaro, merujuk pada Presiden Prancis Emmanuel Macron seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (31/8/2019).

Awal pekan ini Bolsonaro mengatakan ia tidak akan menerima tawaran USD20 juta untuk membantu memadamkan kebakaran Amazon yang diumumkan oleh Macron pada pertemuan puncak negara-negara Kelompok Tujuh (G7) kecuali jika ia menarik apa yang disebutnya “penghinaan” terhadapnya. (Baca juga: Brazil pada Macron: Hentikan Penghinaan, Baru Bahas Bantuan )

Kedua pemimpin telah terlibat dalam perang kata-kata di depan umum tentang penanganan Brasil atas kebakaran Amazon dan respons internasional, yang telah turun ke pertengkaran yang sangat pribadi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3377 seconds (0.1#10.140)