Kata Musuh Nomor 1 Kremlin, Serangan Ukraina di Kursk Memalukan bagi Putin

Minggu, 11 Agustus 2024 - 12:33 WIB
loading...
A A A
"Ini adalah perang yang dia mulai yang kini telah menggigit sebagian Rusia. Dan tergantung pada bagaimana ini terjadi, berapa lama [Ukraina] dapat menguasai wilayah tersebut, dapatkah mereka memperoleh lebih banyak wilayah, itu bahkan lebih memalukan bagi Putin," kata Browder, yang dilansir Newsweek, Minggu (11/8/2024).

Pasukan Ukraina pada hari Kamis dilaporkan hampir menguasai penuh kota Sudzha, pusat transmisi gas yang memfasilitasi aliran gas Rusia ke Eropa. Pejabat gubernur daerah Kursk Alexei Smirnov mengatakan bahwa "situasinya masih sulit."

"Ukraina adalah underdog total, tetapi mereka underdog yang sangat efektif," kata Browder.

"Mereka telah menggunakan alat terbatas yang mereka miliki untuk keuntungan maksimal untuk menyakiti Rusia dan Putin. Semua orang mengira perang ini akan berakhir dalam tiga hari, dan sekarang sudah dua setengah tahun berlalu dan Rusia menderita," imbuh dia.



Putin, pada hari Rabu, menyebut serangan kendaraan lapis baja lintas batas Ukraina sebagai "provokasi skala besar”, sementara Kementerian Pertahanan Rusia berusaha mengecilkan skala kemajuan Ukraina, dengan mendeklarasikan "kemenangan" di tengah serangan tersebut setidaknya enam kali, menurut Agentstvo.

Kementerian tersebut juga mengeklaim "penghancuran 945 personel militer Ukraina dan 102 kendaraan lapis baja" di Kursk sejak Selasa, yang memicu reaksi keras dari para pengamat perang.

"Sementara itu, [Kepala Angkatan Bersenjata Rusia Valery] Gerasimov menyatakan beberapa hari yang lalu bahwa kelompok Angkatan Bersenjata Ukraina yang melintasi perbatasan berjumlah kurang dari 1.000 orang. Jadi, semua orang sudah terbunuh? Lalu siapa yang mengendalikan wilayah pendudukan di Kursk?" tanya pengguna X, Dmitri, dari War Translated, sebuah proyek independen yang menerjemahkan materi tentang perang.

Jenderal Rusia Apti Alaudinov, komandan unit pasukan khusus Akhmat yang bertempur di Rusia, keluar dari garis Kremlin pada hari Kamis ketika membahas serangan Ukraina ke Kursk.

“Pasukan Ukraina merebut permukiman Rusia di Kursk karena Moskow tidak memiliki kekuatan, sarana, atau sumber daya untuk menghentikan mereka,” kata Alaudinov, yang merupakan sekutu Putin.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)