Trump Tuding Siapa Penyebab Jatuhnya Pasar Saham AS dan Dunia

Senin, 05 Agustus 2024 - 18:45 WIB
loading...
Trump Tuding Siapa Penyebab...
Mantan Presiden AS Donald Trump. Foto/EPA-EFE/EDWARD M. PIO RODA
A A A
WASHINGTON - Saat pasar saham di Amerika Serikat (AS) dan seluruh dunia anjlok, mantan Presiden Donald Trump menyalahkan pemerintahan Partai Demokrat di Washington.

Trump menyebut Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris yang mencalonkan diri untuk Gedung Putih, bertanggung jawab atas badai keuangan.

Trump membuat tuduhan tersebut dalam unggahan media sosial pada Minggu (4/8/2024), menulis dengan huruf capital, “PASAR SAHAM JATUH. SUDAH SAYA BILANG PADA ANDA!!! KAMALA TIDAK PUNYA PETUNJUK. BIDEN TERLELAP. SEMUA DISEBABKAN OLEH KEPEMIMPINAN AS YANG TIDAK KOMPETEN!”

Indeks saham terkemuka di Wall Street telah anjlok, yang berpuncak pada penjualan ekuitas besar-besaran pada hari Jumat.

Penurunan Nasdaq 100 mengakibatkan hilangnya nilai lebih dari USD2 triliun hanya dalam waktu tiga pekan.

Pers keuangan menggambarkan perkembangan tersebut sebagai koreksi setelah pertumbuhan saham Big Tech yang memecahkan rekor berkat kemajuan teknologi AI.

Efek berantai menghantam pasar luar negeri, misalnya, Nikkei 225 Jepang anjlok 5,8% pada hari Jumat, beberapa hari setelah Bank of Japan menaikkan suku bunga acuannya.

Penurunan terus berlanjut saat pasar Asia dan Eropa dibuka pada hari Senin.

Kampanye pemilihan ulang Presiden Biden yang gagal menggembar-gemborkan manfaat "Bidenomics," yang diklaim sebagai pemulihan ekonomi AS yang cepat selama masa jabatannya, sebagai alasan utama bagi para pemilih untuk mendukungnya.

Petahana itu keluar dari persaingan bulan lalu, dengan Partai Demokrat yang mendukung Harris sebagai calon presiden baru.

Baca Juga: Menakar Peluang Kamala Harris Setelah Biden Mundur
(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)