Ribuan Orang Berkumpul di Doha Hadiri Salat Jenazah Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 18:45 WIB
loading...
Ribuan Orang Berkumpul...
Orang-orang berkumpul di Masjid Imam Muhammad ibn Abd al-Wahhab di Doha untuk salat Jumat dan salat jenazah untuk pemakaman Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. Foto/Showkat Shafi/Al Jazeera
A A A
DOHA - Ribuan orang berkumpul di satu masjid di ibu kota Qatar untuk menghadiri pemakaman Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang tewas dalam serangan Israel di Teheran pada Rabu.

Kerumunan besar orang menghadiri salat Jumat di Masjid Imam Muhammad bin Abdul Wahhab di Doha, masjid terbesar di Qatar, diikuti dengan pemakaman Haniyeh.

Al-Jazeera melaporkan, tindakan pengamanan ketat diberlakukan di masjid tersebut, dengan para hadirin digeledah dan telepon dilarang digunakan selama salat.

Puluhan pejabat tinggi asing dan perwakilan dari kelompok dan faksi Palestina termasuk di antara mereka yang hadir.

Ini termasuk tokoh senior Fatah Mahmoud al-Aloul, dalam apa yang akan dilihat sebagai unjuk persatuan mengingat perseteruan selama lebih dari 17 tahun antara Hamas dan Fatah.

Pekan lalu, Fatah, Hamas, dan beberapa faksi Palestina lainnya menandatangani perjanjian persatuan di Beijing untuk kerangka kerja pascaperang di Gaza.

Mustafa Barghouti, dari Palestinian National Initiative, juga dilaporkan telah melakukan perjalanan ke Qatar untuk menghadiri pemakaman, menurut Al-Jazeera.

Turki mengirimkan delegasi tingkat tinggi ke pemakaman tersebut.

Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan bertemu dengan anggota senior Hamas Khaled Meshaal pada hari Jumat untuk menyampaikan belasungkawa atas kematian Haniyeh.

Delegasi tersebut termasuk Wakil Presiden Turki Cevdet Yilmaz, Ketua Parlemen Numan Kurtulmus dan kepala intelijen Ibrahim Kalin.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0806 seconds (0.1#10.140)