Israel Tak Banyak Bicara setelah Ismail Haniyeh Dibunuh di Iran, Ada Apa Gerangan?

Rabu, 31 Juli 2024 - 21:50 WIB
loading...
Israel Tak Banyak Bicara...
Israel tak banyak berkomentar setelah Ismail Haniyeh dibunuh di Iran. Foto/EPA
A A A
GAZA - Pemerintah Israel tidak banyak bicara tentang pembunuhan kepala Hamas Ismail Haniyeh di Iran. Tetapi berita kematiannya disambut baik oleh orang Israel yang melihatnya sebagai pencapaian besar dalam perang melawan kelompok Islamis Palestina.

"Ismail Haniyeh disingkirkan di Teheran," demikian bunyi spanduk identik yang dicap pada liputan berita yang hampir tanpa henti oleh empat saluran televisi terkemuka negara itu pada hari Rabu.

Para komentator dan pakar mempertimbangkan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan pembunuhan semacam itu sambil juga berspekulasi bagaimana hal itu dapat memengaruhi perang di Gaza dan peluang mencapai kesepakatan pembebasan sandera.

Di sebagian besar Israel ada suasana kepuasan, sehari setelah militer Israel mengatakan telah membunuh salah satu pemimpin paling senior Hizbullah yang didukung Iran di Beirut sebagai balasan atas serangan mematikan di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

"Ini adalah pencapaian intelijen yang luar biasa yang terkait dengan operasi, yang mengarah pada hasil," kata Amos Gilad, mantan pejabat senior pertahanan, di Channel 12. "Mengenai kinerjanya, kami dapat mengatakan itu mengesankan, siapa pun yang melakukannya."

Israel Tak Banyak Bicara setelah Ismail Haniyeh Dibunuh di Iran, Ada Apa Gerangan?

1. PM Netanyahu Diam karena Tahu Risikonya

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu belum mengomentari pembunuhan Haniyeh, begitu pula menteri pertahanannya. Kantor pers pemerintah mengunggah foto Haniyeh di Facebook dengan kata "dihilangkan" yang ditempel di dahinya.

Hal itu dikarenakan para pejabat Israel paham tentang risiko pembunuhan Haniyeh. Perang regional bisa saja berkecamuk dalam skala besar.

Tapi, beberapa menteri muda yang bukan bagian dari lingkaran dalam pejabat keamanan yang membuat keputusan strategis menggunakan media sosial untuk merayakan operasi tersebut, yang tidak secara resmi diklaim oleh Israel.

Menteri Urusan Diaspora Amichai Chikli mengunggah video Haniyeh yang menghadiri acara di mana kerumunan meneriakkan "Matilah Israel." Chikli menulis: "Hati-hati dengan apa yang Anda inginkan."

2. Gencatan Senjata Tidak Akan Terealisir

Pembunuhan itu terjadi di tengah negosiasi yang gagal mengenai usulan gencatan senjata Gaza yang mencakup pembebasan sandera Israel yang ditawan sejak serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan yang memicu perang.

Mesir dan Qatar, yang telah menjadi penengah perundingan, keduanya mengatakan pembunuhan itu dapat mempersulit upaya gencatan senjata.

Iran dan Hamas sama-sama mengancam akan melakukan pembalasan, tetapi bagi banyak orang, pukulan terhadap musuh bebuyutan Israel itu disambut sebagai potensi dorongan untuk mengakhiri perang.

"Saya pikir itu berita baik, baik pembunuhan Haniyeh maupun pembunuhan orang nomor dua Hezbollah kemarin. Itu berita baik bagi Israel, bagi dunia. Semoga itu juga akan berkontribusi pada berakhirnya perang dan pembebasan para sandera." kata Eitan Gurel, 72, di Tel Aviv.


3. Netanyahu Akan Makin Kuat

Netanyahu telah memperoleh dukungan dalam jajak pendapat setelah pidatonya di Kongres AS minggu lalu. "Pukulan beruntun terhadap Hizbullah dan Hamas memulihkan citra Israel yang mengambil tindakan terhadap musuh-musuhnya," kata Aviv Bushinsky, mantan penasihat komunikasi perdana menteri.

"Orang-orang di Israel senang bahwa untuk pertama kalinya, sesuatu benar-benar terjadi," katanya. "Jadi saya pikir Netanyahu memperoleh banyak dukungan dan Anda akan melihatnya dalam jajak pendapat. Itu menunjukkan bahwa ia masih dapat menjalankan pertunjukan, itu menunjukkan ia tahu apa yang ia lakukan dan ia memiliki semacam rencana."

4. Pembebasan Sandera Jadi Isapan Jempol Semata

Forum keluarga sandera Israel mengeluarkan pernyataan yang mendukung "pemusnahan bertarget penting" baru-baru ini bersama dengan pencapaian militer dari 10 bulan terakhir di Gaza. "Namun Israel harus ingat bahwa tidak mungkin meraih kemenangan tanpa menggunakan pencapaian tersebut untuk memulangkan semua sandera," katanya.

Shay Dickmann, yang sepupunya Carmel Gat merupakan salah satu dari 115 sandera yang ditahan di Gaza, mengatakan hanya kesepakatan yang dapat membawa mereka semua pulang.

"Saya tidak tahu bagaimana berita ini memengaruhi kesepakatan tersebut, tetapi saya berharap, saya benar-benar berharap agar semua kekuatan di seluruh dunia bersatu untuk membawa pulang rakyat kita. Saya berharap para politisi kita akan tahu untuk (ubah) berita ini menjadi pembebasan para sandera."

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)