Siapakah Druze? Suku Minoritas di Israel yang Menghuni Dataran Tinggi Golan

Senin, 29 Juli 2024 - 12:30 WIB
loading...
Siapakah Druze? Suku...
Warga Druze dikenal sebagai etnis minoritas di Dataran Tinggi Golan. Foto/EPA
A A A
GAZA - Druze adalah kelompok agama dan etnis berbahasa Arab. Jumlah mereka diperkirakan sekitar satu juta orang di seluruh dunia, yang terkonsentrasi di Lebanon, Suriah, dan Israel .

Majdal Shams, yang diserang pada hari Sabtu, adalah desa Druze terbesar dari empat desa di wilayah Suriah di Dataran Tinggi Golan, yang diduduki oleh Israel selama perang tahun 1967. Ketika Israel mencaploknya secara sepihak pada tahun 1981, sebagian besar Druze di sana menolak kewarganegaraan Israel dan lebih memilih untuk tetap berhubungan dengan Suriah.

Siapakah Druze? Suku Minoritas di Israel yang Menghuni Dataran Tinggi Golan

1. Memiliki Praktik Keagamaan yang Rahasia

Siapakah Druze? Suku Minoritas di Israel yang Menghuni Dataran Tinggi Golan

Foto/EPA

Agama mereka berkembang di Mesir sebagai cabang dari Islam Ismailiyah pada abad ke-11. Druze adalah komunitas yang erat di mana pernikahan dengan non-anggota jarang terjadi dan sangat tidak dianjurkan. Praktik keagamaan mereka dirahasiakan, bahkan bagi sebagian besar anggotanya.

Sekitar 150.000 orang Druze Arab - sebuah praktik cabang Syiah Islam yang telah berlangsung selama 1.000 tahun - menganggap Kaminitz dan undang-undang Negara Bangsa sebagai pelanggaran hak kewarganegaraan mereka, terutama karena sebagian besar menganggap diri mereka sebagai warga negara Israel yang loyal dan terintegrasi dengan kontribusi yang tidak dapat disangkal bagi negara Yahudi.

Melansir The New Arab, Druze didefinisikan ulang sebagai kelompok etnoreligius dan dikategorikan ulang sebagai bukan orang Arab atau Muslim, sehingga secara historis lebih dekat dengan orang Yahudi daripada dengan Arabisme atau Islam dan memiliki keistimewaan historis dan budaya yang sejajar dengan keistimewaan Yahudi.

Label tersebut dimaksudkan untuk menyingkirkan Druze dari konteks alami Palestina-Arab mereka dan meng-Israel-kan komunitas tersebut dan menggunakan mereka sebagai bagian dari strategi Zionis untuk memecah belah dan menguasai. Perlindungan dan hak kewarganegaraan 'ditawarkan' sebagai balasannya.

Para pembela Zionis dan Druze saat ini mengaitkan 'Israelisasi Druze' dengan posisi netral komunitas tersebut di Palestina pra-Israel, daripada kebijakan Israel yang disengaja, seolah-olah untuk menunjukkan bahwa Druze awalnya tidak memiliki afiliasi apa pun dengan kolektif Palestina-Arab mereka dan kesadaran nasionalnya.

Kenetralan Druze, jika memang ada, paling banter hanya berdasarkan keadaan. Pada tahun 1948, sebagian besar Druze - yang saat itu jumlahnya tidak lebih dari 10.000 orang - merupakan masyarakat agraris, yang sebagian besar buta huruf dan tinggal di desa-desa di pegunungan yang jauh dari Palestina Metropolitan. Sebagian besar memiliki akses terbatas ke elit perkotaan yang terpolitisasi dan agak terisolasi dari bentrokan pan-Palestina dengan Zionisme.

Tidak seperti saudara-saudara mereka di Suriah dan Lebanon, yang menentang keras Zionisme, Druze Palestina tidak memiliki elit feodal yang dominan untuk bertindak sebagai pembimbing politik.

Konsep netralitas, tetap saja, tidak menjelaskan partisipasi Druze dalam revolusi tahun 1929 dan 1936 melawan mandat Inggris dan Zionisme. Geng Druze Green Palm, misalnya, adalah organisasi anti-kolonial yang melakukan beberapa serangan pada tahun 1929 terhadap permukiman Zionis di Palestina Utara. Pada tahun 1930/34, bentrokan berdarah meletus antara desa Druze Buqai'ah di Galilea dan pemukim Zionis yang telah merambah tanah desa mereka.

2. Ikut Berperang Bersama Tentara Israel

Siapakah Druze? Suku Minoritas di Israel yang Menghuni Dataran Tinggi Golan

Foto/EPA

Mereka adalah satu-satunya kelompok non-Yahudi yang dapat bergabung dengan tentara Israel. Mereka telah berperang dengan Israel dalam setiap perang Arab-Israel.

Melansir New Arab, pada tahun 1956, sebagai bagian dari proses Israelisasi, para pemimpin Druze ditekan untuk menandatangani perjanjian - tanpa berkonsultasi dengan mayoritas Druze - untuk mewajibkan pemuda mereka menjadi tentara Israel selama tiga tahun. Protes terhadap undang-undang tersebut segera meletus, menuntut agar minoritas dibebaskan dari tugas militer, seperti halnya Muslim dan Kristen Palestina.

Ketika Israel pada tahun 2018 mengesahkan undang-undang yang mengabadikan Israel sebagai "negara Yahudi", Druze menganggapnya sebagai pengkhianatan terhadap pengabdian mereka kepada negara.

Melansir Al Jazeera, setelah pecahnya perang saudara Suriah pada tahun 2011, komunitas tersebut menjadi lebih dekat dengan Israel dengan semakin banyaknya Druze yang meminta kewarganegaraan Israel.


3. Banyak Menolak Wajib Militer Akan Dipenjara

Siapakah Druze? Suku Minoritas di Israel yang Menghuni Dataran Tinggi Golan

Foto/EPA

Di antara orang Druze yang menolak untuk mendaftar dan, sebagai akibatnya, menghadapi penjara adalah penyair Palestina terkenal Samih al-Qassem.

Pendukung wajib militer melihat tentara sebagai cara untuk membantu komunitas mereka yang miskin dan mencapai kesetaraan dengan orang Yahudi-Israel. Saat ini, orang Druze memiliki tingkat wajib militer yang lebih tinggi daripada rekan-rekan Yahudi mereka, secara proporsional lebih banyak dari mereka bertugas dalam peran tempur dan unit patroli perbatasan, dan lebih banyak, per kapita, yang cenderung terbunuh dalam pertempuran.

Namun, dinas militer belum mencerminkan situasi ekonomi mereka secara positif. Sebagian besar desa di Israel utara telah menderita selama bertahun-tahun akibat kelalaian dan diskriminasi. Sebagian besar rumah dibangun tanpa izin karena tidak pernah dikeluarkan. Sekitar 500 rumah bahkan tidak terhubung ke jaringan listrik, menurut Balai Kota.

Yang sama tragisnya adalah bahwa dinas militer telah menempatkan Druze pada jalur tabrakan, terkadang fatal, dengan arus utama Palestina.

Di Jalur Gaza selama Intifada Pertama, unit Mishmar Ha-gvul (Polisi Perbatasan) yang sebagian besar beragama Druze termasuk yang paling kasar terhadap penduduk setempat. Warisan ini terlampaui selama serangan gencar Gaza tahun 2014 ketika Ghassan Eliyyaan, seorang komandan Druze dari Unit Golani Israel, memerintahkan pembantaian Shujaiya, yang merenggut nyawa 70 warga Palestina.

Namun, saat ini, semakin banyak pemuda Druze yang menolak wajib militer karena alasan politik, alih-alih mencari pengecualian untuk alasan agama atau dengan sengaja gagal dalam tes bakat militer.

Sebuah kampanye yang sedang berkembang yang disebut Urfod ("Menolak" dalam bahasa Arab), diluncurkan pada tahun 2013, telah menjadi yang terdepan dalam mendorong para pria Druze untuk menolak wajib militer di tentara Israel. Kampanye ini memberikan dukungan hukum dan informasi tentang cara menghindari wajib militer ke dalam tentara yang menduduki sesama warga Palestina.

Para penolak biasanya tidak memiliki dukungan yang cukup dalam komunitas tersebut. Urfod mengumpulkan uang beasiswa dan jenis dukungan lainnya untuk membantu mereka.

4. Kerap Jadi Korban Diskriminasi di Israel

Siapakah Druze? Suku Minoritas di Israel yang Menghuni Dataran Tinggi Golan

Foto/EPA

Undang-Undang Negara Bangsa Israel menurunkan bahasa Arab - yang dituturkan oleh 20% penduduk - menjadi bahasa kedua dan membatasi hak untuk menentukan nasib sendiri hanya untuk orang Yahudi. Undang-undang tersebut tidak merujuk pada kesetaraan semua warga negara Israel sebagaimana yang pernah dibuat dalam Deklarasi Kemerdekaan 1948.

Dampak dari undang-undang diskriminatif terlihat dalam dua pemilihan umum Israel terakhir, dengan lebih banyak orang Druze yang memilih Daftar Gabungan Arab, dan, menurut Saluran 12 Israel, lebih banyak terlibat dalam perdebatan tentang nilai pendaftaran di tentara Israel.

Di permukaan, isu Druze tampak seperti perdebatan hak-hak sipil internal. Namun, di negara Yahudi yang dideklarasikan sendiri, hak-hak non-Yahudi bergantung pada pembuktian 'kesetiaan' kepada negara, bahkan jika hukum tertentu ditujukan terhadap mereka.

'Kesetiaan' Druze dan, oleh karena itu, akses ke hak-hak sipil, terkait erat dengan pengabdian mereka di militer Israel. Beberapa Druze, pada kenyataannya, menduduki posisi tinggi di militer dan banyak dari mereka bertugas di wilayah yang diduduki tahun 1967. Hal itu membuat komunitas tersebut mendapat reputasi negatif di antara sebagian besar warga Palestina.

Namun, yang lain melihat situasi Druze secara lebih kritis sebagai produk dari krisis identitas tragis yang disebabkan oleh konteks kolonial-pemukim yang kompleks.

Sejak awal tahun 1930-an, gerakan Zionis menyadari bahwa mengingat perlawanan sengit kaum Druze terhadap Prancis di Suriah (1925), maka perlu untuk menetralkan ancaman mereka atau menyelaraskan mereka dengan tujuan Zionis. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengeksploitasi kelemahan mereka sebagai kaum minoritas dan faksionalisme di antara tiga keluarga Druze - Tarif, Yarka, dan Abu Snaan.

Setelah berdirinya Israel pada tahun 1948, negara Israel berusaha untuk memecah belah sisa-sisa warga Palestina dengan meminggirkan kelompok-kelompok - seperti Badui - dan membina hubungan dengan pihak lain, terutama kaum Druze yang rentan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)