Serangan Majdal Shams Jadi Bukti Kegagalan Israel Mengalahkan Hizbullah

Minggu, 28 Juli 2024 - 22:30 WIB
loading...
Serangan Majdal Shams...
Serangan Majdal Shams jadi bukti kegagalan Israel melawan Hizbullah. Foto/EPA
A A A
GAZA - Serangan di lapangan sepak bola di Majdal Shams pada 27 Juli adalah bukti tragis terbaru bahwa kebijakan yang berusaha mengelola Konflik Israel di setiap lini pasti akan menghasilkan konsekuensi yang tidak diinginkan.

Ini adalah semacam momen "jalan menuju neraka diaspal dengan niat baik". Mengelola berbagai konflik Israel, di Tepi Barat, Gaza, dan sekarang di utara, seharusnya berarti bahwa sebagian besar masyarakat Israel dapat hidup dalam damai, sementara musuh-musuh Israel terus-menerus dibuat gelisah oleh operasi presisi tingkat rendah.

Intinya, mengelola konflik seharusnya menunda berbagai perang, atau membuatnya kurang mungkin terjadi karena musuh akan terus-menerus dilemahkan. Di Tepi Barat, "manajemen" telah berubah menjadi serangan yang semakin besar dan lebih banyak penggunaan pesawat nirawak dan serangan udara di Tepi Barat utara.

"Manajemen ini tidak mengurangi konflik. Faktanya, musuh berubah dan semakin kuat. Konsep manajemen tidak memperhitungkan bagaimana musuh dapat berubah. Konsep ini menyatakan bahwa musuh pada dasarnya tetap sama," ungkapkan Seth J Frantzman, pengamat militer, dilansir The Jerusalem Post.

Di garis depan Gaza, keputusan untuk menunda konflik memungkinkan Hamas menjadi jauh lebih kuat setelah Hamas mengambil alih Gaza pada tahun 2007. Keputusan untuk melakukan beberapa "putaran" konflik dengan Hamas di mana Hamas dan Israel akan menyatakan kemenangan, tetapi Hamas muncul lebih kuat setiap kali, akhirnya mengarah pada 7 Oktober. Pengelolaan konflik menyebabkan pagar perbatasan berteknologi tinggi sebagai semacam Garis Maginot Israel, yang pasti gagal.

Demikian pula di Israel utara, Hizbullah dibiarkan menjadi jauh lebih kuat setelah perang 2006. Saat ini pembicaraan selalu tentang tidak ingin terjun ke dalam perang dengan Hizbullah. Hizbullah tahu Israel tidak menginginkan perang.

"Oleh karena itu Hizbullah sekarang merasa dapat menyerang Israel hingga titik tertentu dan tidak akan membayar harga yang mahal. Seluruh konsep pengelolaan konflik telah menyebabkan Israel dicegah dari perang, daripada musuh-musuh Israel," ungkap Frantzman.



Selama 20 tahun terakhir, sejak Intifada Kedua dan Perang Lebanon Kedua dan sejak Hamas mengambil alih Gaza, preferensinya adalah mengelola konflik di perbatasan Israel, dan lebih fokus pada ancaman "lingkaran ketiga", yang berarti Iran. Iran memahami hal itu dan memilih untuk memberdayakan proksinya dan mengepung Israel.

Iran berusaha untuk "menyatukan" berbagai front melawan Israel. Iran pada dasarnya telah menggunakan kebijakan Israel untuk melawan Israel. Iran dapat membaca media Israel dan mengetahui bahwa media terus-menerus berbicara tentang menghindari perang besar, seperti perang melawan Hizbullah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)