Rusia Gencar Kerahkan Rudal Nuklir Yars yang Mampu Gempur AS

Jum'at, 26 Juli 2024 - 07:40 WIB
loading...
Rusia Gencar Kerahkan...
Rusia gencar kerahkan rudal nuklir mobile Yars yang mampu menyerang wilayah Amerika Serikat. Foto/EurAsian Times
A A A
MOSKOW - Rusia telah menggencarkan pengerahan rudal nuklir mobile Yars dalam latihan tempur. Misil maut itu memiliki jangkauan serangan hingga 10.500 km, yang berarti sangat mampu menggempur wilayah Amerika Serikat (AS).

Mengutip dari laporan Reuters, Jumat (26/7/2024), Rusia telah bekerja sama dengan sekutunya, Belarusia, untuk meningkatkan pelatihan pasukan dalam pengerahan senjata nuklir taktis guna mencegah Barat meningkatkan dukungannya terhadap Ukraina.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, Washington telah memberikan bantuan militer senilai sekitar USD53,7 miliar kepada Ukraina sejak Rusia menginvasi tetangganya tersebut pada Februari 2022.



Pada bulan Juni, Rusia memberi tahu AS dan sekutu-sekutunya di Eropa bahwa mereka membawa dunia semakin dekat ke konflik nuklir karena senjata senilai miliaran dolar yang telah mereka berikan kepada Ukraina.

Pemberitahuan dengan nada peringatan itu muncul setelah pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya yang mengatakan tidak perlu meningkatkan konflik dengan serangan nuklir, seraya menambahkan; "Penggunaan itu dimungkinkan dalam kasus luar biasa—jika terjadi ancaman terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara. Saya rasa kasus seperti itu belum pernah terjadi. Tidak perlu seperti itu."

Media Rusia melaporkan pembaruan latihan peluncur rudal nuklir Yars terbaru pada hari Selasa lalu.

Para kru yang mengawaki latihan peluncur rudal tersebut bermarkas di lembah Sungai Volga, sungai terpanjang di Eropa.

Terletak sekitar 700 km dari Moskow, pasukan dengan seragam kamuflase tersebut berlatih menempuh jarak lebih dari 100 km dan melakukan penyebaran.

Ini tercatat menjadi latihan rudal nuklir kedua yang dilakukan Rusia pada bulan ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)