Netanyahu: AS dan Israel Harus Bentuk NATO-nya Timur Tengah untuk Melawan Iran

Kamis, 25 Juli 2024 - 06:59 WIB
loading...
Netanyahu: AS dan Israel...
PM Benjamin Netanyahu serukan Israel dan AS membentuk NATO-nya Timur Tengah untuk melawan Iran. Foto/EPA-EFE/WILL OLIVER
A A A
WASHINGTON - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya dan Amerika Serikat (AS) harus membentuk blok militer baru di Timur Tengah mirip NATO.

Menurutnya, blok militer yang dia usulkan dengan nama “Aliansi Abraham" harus dibentuk untuk melawan Iran.

Seruan itu disampaikan Netanyahu saat berpidato di depan sesi gabungan Kongres AS pada hari Rabu.

Itu adalah pidatonya yang keempat di hadapan anggota Parlemen Amerika, mengalahkan rekor Winston Churchill, meskipun sekitar 70 anggota DPR dan Senat menolak hadir karena satu dan lain hal.

“Amerika membentuk aliansi keamanan di Eropa untuk melawan ancaman Soviet yang semakin besar,” kata Netanyahu.



“Demikian pula, Amerika dan Israel saat ini harus membentuk aliansi keamanan di Timur Tengah untuk melawan meningkatnya ancaman Iran," katanya lagi.

Dia mengatakan sekilas aliansi itu dapat dilihat pada 14 April, ketika Iran melancarkan serangan rudal dan drone terhadap Israel dan Amerika serta Inggris membantu menembak jatuh beberapa dari mereka.

Netanyahu berterima kasih kepada Presiden AS Joe Biden “karena menyatukan aliansi itu", serta pendahulunya; Donald Trump, karena menjadi perantara "Perjanjian Abraham" antara Israel dan beberapa negara Arab selama masa jabatannya.

“Saya pikir kita harus menyebutnya Aliansi Abraham,” katanya tentang usulan blok militer Timur Tengah mirip NATO, seperti dikutip Russia Today, Kamis (25/7/2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)