alexametrics

Rusia Tawarkan Su-35 kepada Turki

loading...
Rusia Tawarkan Su-35 kepada Turki
Pemimpin Rostec, Sergei Chemezov mengatakan, jika Turki berkehendak, maka pihaknya siap menjual jet tempur Su-35 kepada Ankara. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Pemimpin Rostec, perusahaan produsen senjata Rusia, Sergei Chemezov mengatakan, jika Turki berkehendak, maka pihaknya siap menjual jet tempur Su-35 kepada Ankara. Pernyataan ini datang setelah Turki ditendang dari program F-35 Amerika Serikat (AS).

"Jika rekan-rekan Turki kami menyatakan keinginan, kami siap untuk mengerjakan pengiriman jet tempur Su-35", kata Chemezov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (18/7).

Chemezov juga mengatakan bahwa Rusia bisa menjual jet tempur Su-57 ke Turki jika Ankara mengakhiri partisipasinya dalam program jet F-35.



Seperti diketahui, Sebelumnya Wakil Menteri Pertahanan AS, Ellen Lord, dalam sebuah jumpa pers mengatakan bahwa Pentagon tengah bekerja untuk melepaskan hubungannya dengan Turki dalam program F-35 internasional. Hal itu menyusul keputusan Ankara untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

Lord mengatakan, Pentagon akan menghabiskan antara USD500 - USD600 juta untuk menggeser rantai pasokan bagian jet tempur F-35 buatan Turki. Ia juga menekankan bahwa penghapusan Ankara dari program tidak akan mempengaruhi keseluruhan implementasi F-35 karena Pentagon telah bekerja untuk menemukan sumber alternatif untuk suku cadang.

Turki kemudian menekankan bahwa keputusan yang diambil AS membahayakan hubungan strategis antara dua negara sekutu NATO. Turki pun meminta AS untuk mempertimbangkan kembali keputusannya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak