Rusia Pantau Pergerakan Kapal Perang AS di Laut Hitam

Senin, 01 Juli 2019 - 02:25 WIB
Rusia Pantau Pergerakan Kapal Perang AS di Laut Hitam
Rusia Pantau Pergerakan Kapal Perang AS di Laut Hitam
A A A
MOSKOW - Rusia mengaku telah memantau pergerakan Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke milik Amerika Serikat (AS), USS Carney yang memasuki kawsan Laut Hitam. USS Carney memasuki Laut Hitam melewati Bosphorus untuk mengikuti laithan gabungan yang disebut Sea Breeze.

Sea Breeze, latihan gabungan yang melibatkan komponen Angkatan Darat, Angkatan Udara Udara dan Angkatan Laut, akan berlangsung di Laut Hitam mulai 1 hingga 12 Juli. Sembilan belas negara, 32 kapal, 24 pesawat dan lebih dari 3.000 tentara akan berpartisipasi dalam latihan gabungan itu.

Pusat Manajemen Pertahanan Nasional.Rusia menuturkan bahwa Armada Laut Hitam Moskow akan secara langsung memantau pergerakan kapal perang AS tersebut. Armada Laut Hitam juga akan menggunakan sarana elektronik dan teknis untuk memantau USS Carney.

Menurut pusat itu,seperti dilansir Sputnik pada Senin (1/7), kapal perusak AS memasuki Laut Hitam Sabtu sore waktu Moskow dan berdasarkan hukum internasional, kapal AS itu hanya boleh berada di Laut Hitam selama tiga pekan.

"Sesuai dengan ketentuan konvensi internasional Montreux mengenai perjalanan melalui selat Turki untuk kapal perang negara-negara non-Laut Hitam, waktu yang dihabiskan oleh perusak USS di Laut Hitam tidak boleh melebihi 21 hari," ucapnya.

Ini adalah kali kelima sepanjang tahun 2019 kapal perang AS dilaporkan memasuki kawasan Laut Hitam.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3913 seconds (0.1#10.140)