5 Negara yang Menerima Bantuan Luar Negeri Terbanyak dari AS, Nomor 2 Anggota ASEAN

Senin, 15 Juli 2024 - 21:21 WIB
loading...
5 Negara yang Menerima...
Amerika Serikat menyebar berbagai bantuan ke berbagai negara. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Data baru menunjukkan bahwa belanja bantuan luar negeri AS baru-baru ini melampaui USD70 miliar dana yang dialokasikan untuk pertama kalinya dalam 70 tahun. Itu didorong oleh dukungan berkelanjutan terhadap Israel dan lonjakan pendanaan untuk Ukraina di tengah perang negara tersebut dengan Rusia .

Kenaikan yang baru-baru ini terjadi bukanlah akibat dari kenaikan yang lambat, juga bukan karena inflasi. Dalam dolar konstan, kewajiban bantuan luar negeri AS melonjak dari USD56,3 miliar pada tahun 2021 menjadi USD70,4 miliar pada tahun 2022, tahun terakhir dimana data akhir tersedia dari pelacak federal.

Melansir US News, angka ini meningkat lebih dari 25%, dan hanya ada tiga tahun yang tercatat ketika AS lebih banyak memberikan bantuan luar negeri: 1947, 1949, dan 1951, ketika lanskap global terlihat sangat berbeda setelah Perang Dunia II dan berdirinya Amerika Serikat.

Khususnya pada tahun 1951, Prancis, Jerman, Italia, Inggris dan Belanda termasuk di antara penerima terbesar. Pada tahun 2022, Israel dan Ukraina menduduki puncak daftar dari hampir 180 negara penerima dana secara global.

Pola terbaru ini harus diwaspadai di masa depan, dengan Israel terlibat dalam perang melawan kelompok teror Hamas di Gaza dan pertahanan Ukraina melawan Rusia yang kini berlangsung selama kurang lebih dua tahun.

Kewajiban bantuan luar negeri AS dalam pelacak federal mencakup dukungan ekonomi – yang mencakup belanja kemanusiaan – dan dukungan militer. Bantuan tersebut dapat berkisar dari inisiatif kontraterorisme yang didanai oleh Departemen Luar Negeri hingga program pemberantasan HIV/AIDS yang didanai oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan.

Data terbaru dari pelacak tersebut menunjukkan bahwa porsi bantuan militer dari AS turun dari 23% pada tahun 2020 menjadi kurang dari 13% pada tahun 2021, yang merupakan jumlah terkecil sejak tahun 1949. Sebelum tahun 2021, belanja militer selama beberapa dekade mencapai setidaknya 20% dari total bantuan militer AS. kewajiban bantuan luar negeri tahunan. Pada tahun 2022, pangsa tersebut sedikit meningkat hingga mencapai 14%.

Sebaliknya, porsi bantuan dalam bentuk bantuan ekonomi lebih besar pada tahun 2021 dan 2022 dibandingkan beberapa dekade sebelumnya, yaitu sekitar 86% dari kewajiban tercatat pada tahun 2022.

Melansir Visual Capitalist, AS memberikan bantuan lebih dari miliar dolar ke lebih dari 150 negara dan wilayah, dana regional, dan LSM setiap tahunnya.

Setiap tahun, Kongres memberikan bantuan luar negeri berdasarkan kepentingan keamanan nasional, komersial, dan kemanusiaan. Dalam peta ini, USAFacts menggunakan data dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) untuk menyoroti negara-negara yang menerima porsi bantuan terbesar.

5 Negara yang Menerima Bantuan Luar Negeri Terbanyak dari AS, Nomor 2 Anggota ASEAN

1. Israel

5 Negara yang Menerima Bantuan Luar Negeri Terbanyak dari AS, Nomor 2 Anggota ASEAN

Foto/Reuters
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)