13 Upaya Pembunuhan Presiden AS, dari Lincoln hingga Trump

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:55 WIB
loading...
13 Upaya Pembunuhan...
Donald Trump menjadi salah satu presiden AS yang pernah mengalami upaya pembunuhan. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terluka dalam upaya pembunuhan selama kampanye di Butler County, Pennsylvania.

Trump, yang mengalami cedera di telinga kanannya, “selamat”. Dia digiring keluar panggung dengan darah di telinga dan pipinya setelah penembakan di rapat umum tersebut.

Seorang penonton tewas dan dua lainnya luka parah dalam serangan yang terjadi di Butler Farm Show di Butler City.

Secret Service mengatakan personelnya membunuh tersangka penyerang, yang diidentifikasi sebagai Thomas Matthew Crooks, 20, dari Pennsylvania.

Sejak berdirinya Amerika, empat presiden dan satu calon presiden telah dibunuh.

13 Upaya Pembunuhan Presiden AS, dari Lincoln hingga Trump

1. Abraham Lincoln (presiden ke-16) pada 1865,

13 Upaya Pembunuhan Presiden AS, dari Lincoln hingga Trump

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, Lincoln dibunuh saat menonton pertunjukan teater bersama istrinya di Washington, DC. Dia ditembak oleh John Wilkes Booth dan diberi perawatan medis, namun meninggal keesokan paginya. Booth ditemukan bersembunyi di sebuah gudang di Virginian 12 hari kemudian, di mana dia ditembak mati.

2. James Garfield (presiden ke-20) pada 1881

Ditembak saat berjalan di stasiun kereta api di Washington, DC, enam bulan setelah menjabat. Garfield meninggal karena luka-lukanya beberapa minggu kemudian. Charles Guiteau, pembunuhnya, dinyatakan bersalah dan dieksekusi pada tahun berikutnya.

3. William McKinley (presiden ke-25) pada 1901

McKinley ditembak dari jarak dekat setelah memberikan pidato di New York. McKinley diharapkan pulih, tetapi gangren terjadi di sekitar luka tembak dan dia meninggal delapan hari kemudian. Seorang pria berusia 28 tahun asal Detroit, Leon F Czolgosz, mengakui penembakan tersebut. Dia dieksekusi beberapa minggu setelah pembunuhan itu.

4. Theodore Roosevelt (kandidat) pada 1912

Roosevelt mencalonkan diri sebagai mantan presiden ketika dia ditembak di Milwaukee. Dia selamat dari penembakan itu tetapi pelurunya tetap berada di dadanya selama sisa hidupnya.

5. Franklin Roosevelt (presiden ke-32) pada 1933

Menjadi sasaran upaya pembunuhan di Miami oleh seorang imigran Italia, Giuseppe Zangara. Roosevelt tidak terluka, tapi Anton Cermak, walikota Chicago, tewas dalam serangan itu.

6. John F Kennedy (presiden ke-35) pada 1963

13 Upaya Pembunuhan Presiden AS, dari Lincoln hingga Trump

Foto/AP

Kennedy ditembak mati saat mengendarai iring-iringan mobilnya melewati pusat kota Dallas. Dia dipukul dengan senapan berkekuatan tinggi dari jarak jauh dan meninggal di rumah sakit beberapa jam kemudian. Polisi menangkap Lee Harvey Oswald. Dua hari setelah penangkapannya, saat Oswald dibawa ke penjara, dia ditembak mati oleh Jack Ruby, seorang pemilik klub malam Dallas.

7. Robert F Kennedy (kandidat) pada 1968,

Adik laki-laki John F Kennedy sedang berkampanye untuk nominasi Partai Demokrat dan baru saja memenangkan pemilihan pendahuluan California tahun 1968. Tepat setelah dia menyampaikan pidato kemenangannya, dia ditembak mati oleh Sirhan Sirhan. Pembunuhnya ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Hukumannya diubah menjadi penjara seumur hidup, dan permohonan pembebasannya, pada tahun 2023, ditolak.


8. George Wallace (kandidat) pada 1972

Wallace sedang mencari nominasi presiden dari Partai Demokrat ketika dia ditembak saat berhenti kampanye di Maryland. Dia ditembak empat kali dan salah satu pelurunya bersarang di tulang belakangnya. Hal ini menyebabkan dia lumpuh seumur hidupnya. Orang yang menembaknya adalah Arthur Bremer. Dia dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara. Dia dibebaskan pada tahun 2007.

9. Gerald Ford (presiden ke-38) pada 1975

Lolos dari dua upaya pembunuhan dalam waktu 17 hari, baik di California (di Sacramento dan San Francisco) dan keduanya dilakukan oleh wanita: Lynette Fromme dan Sarah Jane Moore. Mereka menerima hukuman seumur hidup.

10. Ronald Reagan (presiden ke-40) pada 1981

Reagan meninggalkan pidatonya di Washington, DC ketika dia ditembak oleh John Hinckley Jr. Peluru tersebut menembus paru-paru kiri Reagan, nyaris mengenai jantungnya. Reagan selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Hinckley ditangkap dan dinyatakan tidak bersalah dengan alasan kegilaan. Dia dikurung di rumah sakit jiwa.

11. Bill Clinton (presiden ke-42) pada 1994

Clinton berada di dalam Gedung Putih ketika Francisco Martin Duran menembaki gedung tersebut menggunakan senapan semi-otomatis. Clinton tidak terluka. Duran dihukum karena mencoba membunuh presiden dan dijatuhi hukuman 40 tahun penjara.

12. George W Bush (presiden ke-43) 2005

Melansir Al Jazeera, Bush sedang menghadiri rapat umum di Tbilisi bersama Presiden Georgia Mikhail Saakashvili ketika seorang pria bernama Vladimir Arutyunian melemparkan granat tangan ke arah podium. Itu tidak meledak dan tidak ada yang terluka. Arutyunian dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

13. Donald Trump

13 Upaya Pembunuhan Presiden AS, dari Lincoln hingga Trump

Foto/AP

Donald Trump ditembak di telinganya dalam percobaan pembunuhan saat kampanye pada hari Sabtu, sebuah serangan yang kemungkinan akan mengubah pemilihan presiden Amerika tahun ini dan menimbulkan pertanyaan tajam tentang keamanan yang diberikan kepada kandidat Partai Republik.

Beberapa saat setelah penembakan, Trump dikerumuni dan dilindungi oleh agen keamanannya. Dia dengan cepat keluar dari scrum, wajahnya berlumuran darah, dan mengepalkan tinjunya ke udara, mengucapkan kata-kata "Lawan! Lawan! Lawan!"
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)