Ancaman Houthi Yaman ke Arab Saudi terkait Genosida Israel di Gaza

Jum'at, 12 Juli 2024 - 16:01 WIB
loading...
Ancaman Houthi Yaman...
Para pendukung Houthi menampilkan tarian tradisional Baraa selama upacara pengumpulan perlengkapan bagi para pejuang Houthi di Sanaa, Yaman. Foto/REUTERS/Khaled Abdullah
A A A
SANAA - Pejuang Houthi di Yaman masih menjadi ancaman bagi Israel dan para pendukungnya, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Houthi menegaskan akan tetap memblokir Laut Merah hingga Israel menghentikan genosida yang dilakukan terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Meski demikian, Houthi juga menebar ancaman pada negara-negara Arab lainnya yang dianggap memiliki kedekatan dengan AS dan Israel.

Salah satu yang diancam Houthi adalah Arab Saudi. Berikut ini ancaman yang dilontarkan Houthi terhadap Arab Saudi:

1. Serangan ke Lokasi-lokasi Penting dan Infrastruktur di Arab Saudi


Pejuang Houthi mengancam akan menyerang lokasi-lokasi penting dan infrastruktur di Arab Saudi jika negara itu membantu agresi Barat di Yaman.

Houthi mengancam dengan menerbitkan rekaman drone dari lokasi-lokasi sensitif di Saudi. Dalam video yang dirilis pada Senin (8/7/2024), berjudul 'Coba saja', departemen media Houthi menampilkan gambar dan rekaman drone beserta koordinat dari lokasi-lokasi seperti Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh, Bandara Internasional Raja Abdulaziz di Jeddah, dan Bandara Internasional Raja Fahd di Dammam, serta pelabuhan-pelabuhan di Ras Tanura, Jizan, dan Jeddah.

2. Ancam AS yang Membujuk Arab Saudi


Video tersebut menyertakan pidato latar belakang oleh Pemimpin Houthi, Abdul Malik Al-Houthi, di mana dia menyatakan, "Amerika mengirimi kami pesan bahwa mereka akan mendorong rezim Saudi ke dalam langkah-langkah agresif, dan kunjungan Amerika ke Arab Saudi dilakukan untuk tujuan itu."

Arab Saudi pernah memimpin perang melawan Houthi di Yaman. Perang ini telah menewaskan ribuan orang di Yaman.

Perang antara Saudi dan Houthi berhasil dihentikan setelah kesepakatan normalisasi antara Arab Saudi dan Iran. Normalisasi hubungan ini turut meredakan konflik yang terjadi antara Saudi dan Houthi di Yaman.

Kini AS tampaknya ingin mendorong Saudi kembali terlibat dalam perang baru terhadap Houthi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)