alexametrics

Iran Tuding Balik AS Soal Serangan Tanker di Teluk Oman

loading...
Iran Tuding Balik AS Soal Serangan Tanker di Teluk Oman
Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani mengatakan, Amerika Serikat (AS) mungkin berada di balik serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani mengatakan, Amerika Serikat (AS) mungkin berada di balik serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman. Larijani menyebut, tidak asing bagi AS melakukan serangan dan kemudian menyalahkannya kepada pihak lain.

Berbicara pada sesi Parlemen Iran, Larijani mengatakan, serangan dua kapal tanker di Oman, mungkin adalah serangan "bendera palsu" lain yang dilakukan AS. Dia menyebut, hal ini mungkin dilakukan untuk memberikan tekanan lebih kepada Iran.

"Tindakan mencurigakan di Laut Oman terhadap kapal tanker minyak, tampaknya menjadi pelengkap bagi sanksi ekonomi AS. Ini dilakukan ketika AS tidak ke mana-mana dengan sanksi, juga terutama mengingat catatan sejarah AS di bidang operasi "bendera palsu",” Kata Larijani, seperti dilansir PressTV pada Senin (17/6).



Larijani kemudian mengejek Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo yang mendesak Iran mempertemukan diplomasi dengan diplomasi dan bukan dengan teror, pertumpahan darah, dan pemerasan. Dia mengatakan, serangkaian kebijakan yang diambil oleh AS tidak mencerminkan pernyataan yang dilontarkan oleh Pompeo tersebut.

"Apakah itu diplomasi untuk memulai pertarungan dengan negara revolusioner dengan aksi terorisme ekonomi, sanksi ekonomi yang mereka sendiri sebut sebagai yang terberat yang pernah ada, Apakah itu diplomasi?" tanya Larijani.

"Pompeo, apakah itu diplomasi untuk mengingkari janji seseorang dalam perjanjian nuklir," tukasnya, merujuk pada penarikan sepihak AS dari kesepakatan antara Iran dan enam kekuatan dunia, soal program nuklir Teheran.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak