Negara Islam Ini Diam-diam Persenjatai Jet Tempurnya dengan Rudal Nuklir

Rabu, 03 Juli 2024 - 14:07 WIB
loading...
A A A
Gambar pertama JF-17 yang mendukung konfigurasi nuklir terungkap dalam latihan Parade Hari Pakistan 2023. FAS membeli gambar asli untuk memastikan apakah RAAD yang digunakan pada gambar JF-17 memang berkemampuan nuklir.

Gambar ALCM dibandingkan dengan gambar RAAD I dan II lainnya yang ditampilkan selama bertahun-tahun. Analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan desain antara RAAD yang digunakan pada JF-17 dan dua varian ALCM.

“Dari pengamatan ini, kemungkinan besar Pakistan telah membuat kemajuan signifikan dalam melengkapi JF-17 mereka dengan kemampuan yang pada akhirnya melengkapi—dan mungkin menggantikan—peran serangan nuklir pada Mirage III/V yang sudah tua,” kata FAS.

“Jelas bahwa Pakistan telah mendesain ulang RAAD-II ALCM, namun hanya sedikit informasi yang dikonfirmasi mengenai tujuan atau kemampuan yang terkait dengan desain baru ini. Juga tidak jelas apakah salah satu dari sistem RAAD telah dikerahkan, tapi ini mungkin hanya pertanyaan kapan dan bukan apakah,” imbuh analisis FAS.

JF-17 Thunder tidak hanya menjadi andalan Angkatan Udara Pakistan (PAF) tetapi juga produk ekspor pertahanan andalan negara tersebut.

Pesawat tempur JF-17 Thunder dikembangkan bersama oleh Pakistan Aeronautical Complex Kamra dan Chengdu Aircraft Industry Corp China.

Setelah penerbangan pertamanya pada tahun 2003, badan pesawat JF-17 pada awalnya hanya diproduksi di China. Saat ini, Pakistan memproduksi 58 persen pesawat tersebut, dan 42 persen sisanya diproduksi di China.

JF-17 Thunder adalah pesawat tempur multi-peran bermesin tunggal, ringan, dengan badan pesawat China dan avionik Barat yang ditenagai oleh mesin Rusia.

PAC Kamra telah mengirimkan hampir 120 jet tempur JF-17 Blok I dan II ke PAF sejak tahun 2009.

Pakistan dan India, yang menjadi musuh bebuyutan, telah lama terlibat dalam perlombaan senjata nuklir.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)