China: Fujian Adalah Kapal Induk Bertenaga Konvensional Terbesar di Dunia

Selasa, 25 Juni 2024 - 12:56 WIB
loading...
A A A
Informasi mengenai pesawat berbasis kapal induk baru untuk Fujian akan segera dirilis, kata program dari CCTV tersebut.

Siaran itu juga menunjukkan Fujian berbelok tajam, mencatat bahwa kapal induk telah secara efektif mengurangi jaraknya, mengurangi kemampuan senjata musuh untuk mencari dan menyerang kapal.

Analis militer Cao Weidong mengatakan kepada stasiun televisi tersebut bahwa desain kapal Fujian “jauh lebih kompleks” dalam beberapa hal dibandingkan dengan kapal bertenaga nuklir lainnya, karena kapal tersebut harus memastikan pasokan listrik yang memadai untuk semua perangkat.

Dia mengatakan kapal perang tersebut dapat membawa lebih banyak pesawat dan berkat ketapel elektromagnetiknya, dapat meluncurkan pesawat peringatan dini bersayap tetap untuk meningkatkan waktu mengudara, kinerja radar, dan kemampuan komando.

Ketapel elektromagnetik, kata Cao, juga berarti bahwa pesawat tempur dapat lepas landas ketika membawa muatan bahan bakar dan amunisi penuh, sehingga mengurangi kebutuhan untuk mengisi bahan bakar pesawat dan secara efektif memberikan ruang untuk membawa lebih banyak drone, pesawat angkut, dan pesawat perang elektronik.

Dia mengatakan akan memakan waktu hingga dua tahun untuk menyelesaikan uji coba kapal Fujian, dan menambahkan: “Angkatan Laut PLA mungkin akan membangun lebih banyak kapal induk, yang berpotensi ditenagai oleh energi nuklir.”

Cao, mantan peneliti di lembaga yang berafiliasi dengan Angkatan Laut PLA, juga mengatakan bahwa di masa depan Angkatan Laut akan berkonsentrasi pada pembangunan kapal besar dan menggunakan teknologi informasi untuk memenangkan perang.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)