Daftar 7 Negara Asia dengan Suhu Terdingin, Ada yang Minus 67 Derajat Celsius

Jum'at, 21 Juni 2024 - 13:40 WIB
loading...
A A A
Menurut National Geographic, Ibu Kota Mongolia; Ulaanbaatar, dikenal sebagai ibu kota negara terdingin di dunia, dengan suhu musim dingin yang bisa turun hingga minus 40 derajat celsius.

3. Kazakhstan


Kazakhstan, negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan, juga memiliki musim dingin yang ekstrem.

Menurut laporan The Astana Times, suhu di beberapa wilayah negara ini, seperti kota Nur-Sultan (sebelumnya Astana), dapat turun hingga minus 35 derajat celsius atau bahkan lebih rendah.

4. Kyrgyzstan


Kyrgyzstan memiliki iklim kontinental dengan musim dingin yang ekstrem, terutama di wilayah pegunungan.

Menurut laporan BBC Weather, suhu di beberapa daerah pegunungan di negara ini bisa mencapai minus 30 derajat celsius atau lebih rendah.

5. China


Provinsi Heilongjiang di timur laut China terkenal dengan musim dinginnya yang ekstrem.

Harbin, ibu kota provinsi ini, selalu menyelenggarakan Festival Es dan Salju Internasional setiap tahunnya, di mana suhu sering turun di bawah minus 30 derajat celsius.

6. India


Meskipun India umumnya dikenal dengan iklim tropisnya, wilayah Ladakh di utara India, dekat dengan perbatasan Tibet, mengalami musim dingin yang ekstrem dengan suhu yang bisa mencapai minus 30 derajat celsius atau lebih rendah.

7. Nepal


Nepal, dengan Pegunungan Himalaya yang mendominasi wilayah utaranya, mengalami suhu yang sangat dingin di ketinggian.

Mengutip Kathmandu Post, Gunung Everest dan wilayah sekitarnya di Nepal sering mencatat suhu di bawah minus 30 derajat celsius selama musim dingin.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)