AS Terkejut dengan Kecepatan Rusia Bangun Aliansi Baru

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:16 WIB
loading...
A A A
“Iran telah menjadi pemasok senjata utama Rusia,” ungkap pejabat Pentagon yang tidak disebutkan namanya kepada Journal, menuduh Teheran membantu membangun satu pabrik di Wilayah Tatarstan yang mampu membuat ribuan drone Shahed-136.

“Perluasan hubungan keamanan Rusia dengan DPRK, China, dan Iran tidak berarti aliansi militer seperti NATO, namun tampaknya merupakan serangkaian pertukaran bilateral,” ungkap sejumlah sumber Amerika yang tidak disebutkan namanya kepada Journal.

“Transfer teknologi melibatkan risiko peningkatan kemampuan jangka panjang semua negara yang terlibat, sehingga mengancam AS,” papar mereka.

Awal bulan ini, di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg, Putin mengumumkan strategi hubungan ekonomi Rusia dengan ‘Global Selatan’ akan melibatkan kemitraan berdasarkan “transfer teknologi dan kompetensi daripada kontrol pasar.”

Moskow juga mengisyaratkan akan beralih ke negara-negara ‘Global Selatan’, yang telah diasingkan oleh perilaku Barat dalam konflik di Ukraina.

Upaya AS dan sekutunya untuk mengisolasi Rusia telah mengalami “kegagalan total,” menurut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada Februari.
(sya)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0803 seconds (0.1#10.140)