Militer Israel Sepakati Rencana Perang dengan Hizbullah

Rabu, 19 Juni 2024 - 16:15 WIB
loading...
Militer Israel Sepakati Rencana Perang dengan Hizbullah
Militer Israel menyepakati rencana perang dengan Hizbullah. Foto/AP
A A A
GAZA - Militer Israel telah menyepakati dan memvalidasi rencana operasional untuk serangan di Lebanon. Itu terjadi ketika pasukan Israel dan gerakan Hizbullah yang didukung Iran terlibat dalam baku tembak lintas batas.

"Pejabat senior militer Israel mengadakan penilaian situasional bersama di Komando Utara. Sebagai bagian dari penilaian situasi, rencana operasional serangan di Lebanon disetujui dan divalidasi,” demikian pernyataan militer Israel, dilansir Al Arabiya.

“Keputusan diambil untuk melanjutkan peningkatan kesiapan pasukan di lapangan.”

Hizbullah, sekutu Hamas, dan Israel hampir setiap hari saling baku tembak sejak perang Gaza dipicu oleh serangan kelompok militan Palestina pada 7 Oktober di Israel selatan.

Penandatanganan ini terjadi ketika Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, sebelumnya memperingatkan Hizbullah bahwa mereka akan hancur jika terjadi “perang total” antara keduanya.



“Kami sangat dekat dengan momen ketika kami akan memutuskan untuk mengubah aturan main melawan Hizbullah dan Lebanon. Dalam perang total, Hizbullah akan hancur dan Lebanon akan terkena dampak paling parah,” kata Katz, menurut pernyataan dari kantornya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bulan ini bahwa militer siap untuk melakukan operasi intensif di Lebanon jika diperlukan, dan berjanji untuk memulihkan keamanan di perbatasan utara negara tersebut.

Utusan khusus AS Amos Hochstein berada di Lebanon pada hari Selasa sehari setelah bertemu dengan para pemimpin Israel, mengupayakan deeskalasi “mendesak” di perbatasan Israel-Lebanon.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)
pixels