Tingkatkan Kesiagaan Perang, NATO Keluarkan Senjata Nuklir dari Gudang

Senin, 17 Juni 2024 - 18:25 WIB
loading...
Tingkatkan Kesiagaan Perang, NATO Keluarkan Senjata Nuklir dari Gudang
NATO mengeluarkan senjata nuklir dari gudangnya. Foto/Reuters
A A A
LONDON - NATO sedang melakukan pembicaraan untuk mengerahkan lebih banyak senjata nuklir. Mereka juga mengeluarkannya dari gudang dan menempatkannya dalam keadaan siaga, dalam menghadapi ancaman yang semakin besar dari Rusia dan China.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan kepada surat kabar Inggris Telegraph bahwa ada konsultasi langsung antar anggota untuk menggunakan transparansi seputar persenjataan nuklirnya sebagai tindakan pencegahan.

“Saya tidak akan menjelaskan rincian operasional mengenai berapa banyak hulu ledak nuklir yang harus dioperasikan dan mana yang harus disimpan, namun kami perlu berkonsultasi mengenai masalah ini. Itulah yang kami lakukan,” katanya kepada surat kabar tersebut.

“Transparansi membantu mengkomunikasikan pesan langsung bahwa kita, tentu saja, adalah aliansi nuklir.”



“Tujuan NATO, tentu saja, adalah dunia tanpa senjata nuklir, namun selama senjata nuklir masih ada, kita akan tetap menjadi aliansi nuklir, karena dunia di mana Rusia, China, dan Korea Utara memiliki senjata nuklir, dan NATO tidak memilikinya, adalah sebuah dunia yang tidak memiliki senjata nuklir. dunia yang lebih berbahaya."

Stoltenberg mengatakan pekan lalu bahwa senjata nuklir adalah “jaminan keamanan utama” NATO dan sarana untuk menjaga perdamaian.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berulang kali memperingatkan bahwa Moskow dapat menggunakan senjata nuklir untuk mempertahankan diri dalam keadaan ekstrem.

Mereka menuduh AS dan sekutu-sekutunya di Eropa mendorong dunia ke jurang konfrontasi nuklir dengan memberikan senjata senilai miliaran dolar kepada Ukraina, yang beberapa di antaranya digunakan untuk menyerang wilayah Rusia.

NATO, yang mengambil peran lebih besar dalam mengoordinasikan pasokan senjata ke Kyiv, jarang membicarakan senjata secara terbuka, meskipun diketahui bahwa AS telah mengerahkan bom nuklir ke beberapa lokasi di Eropa.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4311 seconds (0.1#10.140)
pixels