Armenia Bersiap Keluar dari Aliansi Rusia dan Merapat ke AS

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:26 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri Armenia Ararat Mirzoyan telah menjamu Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Eropa dan Eurasia James O’Brien di Yerevan pada hari Selasa.

Pernyataan bersama yang dikeluarkan pada kesempatan tersebut mencatat aspirasi Armenia untuk bekerja sama lebih erat dengan lembaga-lembaga Euro-Atlantik dan Barat.

“Amerika Serikat dan Armenia menegaskan kembali komitmen mereka terhadap nilai-nilai demokrasi bersama dan terhadap tujuan Armenia yang demokratis, sejahtera, dan damai,” demikian pernyataan komunike tersebut.

Hubungan antara kedua negara harus ditingkatkan pada tahun mendatang, kata O’Brien dan Mirzoyan.

"Kedua belah pihak akan terus memperluas hubungan komersial dan perdagangan, bersamaan dengan meningkatkan kerja sama mengenai sanksi dan kontrol ekspor," lanjut komunike tersebut.

"Amerika akan menawarkan solusi komersial dalam energi nuklir dan energi terbarukan untuk mempromosikan ketahanan pangan dan kemandirian energi Armenia."

Pemerintahan Pashinyan juga telah mengajukan tawaran kepada Prancis untuk mendapatkan teknologi militer dan dilaporkan menawarkan negaranya sebagai kemungkinan tujuan bagi para pencari suaka yang ditolak oleh Inggris.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)