Eks Pejabat Keamanan Republik Berbondong-bondong Dukung Biden

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 06:51 WIB
loading...
Eks Pejabat Keamanan Republik Berbondong-bondong Dukung Biden
Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden mendapat dukungan dari mantan pejabat keamanan Partai Republik. Foto/Newsreap
A A A
LOS ANGELES - Lebih dari 70 mantan pejabat keamanan nasional dari Partai Republik termasuk mantan kepala CIA dan FBI akan mendukung calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden . Sebaliknya, mereka menuding Presiden Donald Trump korup dan tidak layak.

Kelompok yang menyebut dirinya Mantan Pejabat Keamanan Nasional Republik untuk Biden, termasuk beberapa anggota Republik paling senior dari pertahanan dan intelijen AS yang pernah bertugas di pemerintahan Ronald Reagan, George H.W. Bush, George W. Bush dan Trump sendiri.

Kelompok beranggotakan 73 orang itu termasuk pensiunan Jenderal Michael Hayden, yang menjabat sebagai direktur keamanan nasional dan kepala CIA; William Webster, satu-satunya orang yang menjabat sebagai kepala CIA dan FBI; John Negroponte, direktur pertama Intelijen Nasional; Michael Leiter, mantan direktur National Counterterrorism Center; dan Mike Donley, mantan sekretaris Angkatan Udara.(Baca: Kampanye Bersama, Joe Biden dan Kamala Harris Bersumpah Kalahkan Trump )

Kecaman keras mereka terhadap Trump dan dukungan terhadap Biden akan datang tiga hari sebelum konvensi pencalonan Trump dibuka pada hari Senin dan menggarisbawahi bagaimana presiden Republik itu telah mengasingkan beberapa anggota partainya sendiri, terutama di antara intelijen dan veteran kebijakan luar negeri.

"Trump telah menunjukkan bahwa dia tidak memiliki karakter dan kompetensi untuk memimpin bangsa ini dan telah terlibat dalam perilaku korup yang membuatnya tidak layak untuk menjabat sebagai presiden," kelompok tersebut berencana untuk menyatakan dalam iklan satu halaman penuh di The Wall Street Journal pada hari Jumat.

“Kami telah menyimpulkan bahwa Donald Trump telah mengecewakan negara kami dan (mantan) Wakil Presiden Joe Biden harus dipilih sebagai Presiden Amerika Serikat berikutnya,” tambahnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (21/8/2020).

Kelompok itu adalah salah satu dari sejumlah organisasi Partai Republik yang menentang terpilihnya kembali Trump dalam pemilu 3 November mendatang.

Secara kolektif, mereka keberatan dengan keterasingannya terhadap sekutu AS di luar negeri dan kepemimpinannya di dalam negeri. Terbaru adalah responnya terhadap pandemi virus Corona, yang telah menewaskan lebih dari 170.000 warga Amerika dan memicu kemerosotan ekonomi yang parah, serta reaksinya terhadap aksi protes nasional atas ketidakdilan rasial dan kebrutalan polisi terhadap orang kulit hitam Amerika.

Bob Tuttle, yang merupakan direktur personel di bawah Reagan dan duta besar untuk Inggris di bawah George W. Bush, adalah anggota kelompok keamanan nasional dan mengatakan penanganan Trump terhadap krisis virus Corona "sangat buruk."

"Dia adalah seorang narsisis yang ganas. Dia pembohong. Dia manusia yang tercela dan presiden terburuk dalam sejarah Amerika - itu bahkan tidak mendekati," kata Tuttle kepada Reuters.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)