3 Negara yang Tetap Mendukung Israel Ketika Dunia Mengutuknya, Nomor 1 Sekutu Abadi

Jum'at, 07 Juni 2024 - 16:05 WIB
loading...
3 Negara yang Tetap Mendukung Israel Ketika Dunia Mengutuknya, Nomor 1 Sekutu Abadi
Warga Palestina memeriksa mobil yang terkena serangan Israel, di Deir Al-Balah, Jalur Gaza tengah, 4 Juni 2024. Foto/REUTERS/Ramadan Abed
A A A
WASHINGTON - Terdapat sejumlah negara yang tetap mendukung Israel ketika dunia mengutuknya. Salah satunya jadi sekutu hidup dan mati.

Meski demikian, dukungan internasional kepada Palestina terus bertambah. Baru-baru ini, ada tiga negara Eropa yang resmi mengakuinya, yakni Irlandia, Norwegia, dan Spanyol.

Negara-negara lain berpotensi menyusul mengingat situasi kemanusiaan di Palestina yang semakin memburuk akibat serangan Israel.

Kendati begitu, tetap ada beberapa negara yang masih setia mendukung Israel terlepas dari segala tindakannya. Siapa saja?

Negara yang Tetap Mendukung Israel saat Dunia Mengutuknya

1. Amerika Serikat


Amerika Serikat merupakan sekutu dekat Israel yang paling setia. Terlepas dari berbagai kecaman yang menerpa, Negeri Paman Sam tetap teguh pada pendiriannya bersama Tel Aviv.

Mengutip New York Times, Rabu (29/5/2024), John F Kirby selaku juru bicara Gedung Putih baru-baru ini menyampaikan pandangannya terkait krisis yang melanda Rafah. Menurutnya, tragedi di Rafah tidak cukup untuk mengubah kebijakan AS saat ini.

Sebelumnya, Biden memang mengancam akan berhenti memasok senjata ke Israel jika mereka ngotot untuk menyerang Rafah. Hanya saja, ancaman tersebut diragukan banyak pihak mengingat Israel yang masih berani menyerang Rafah dengan brutal.

2. Inggris


Inggris menjadi sekutu strategis Israel sejak serangan Hamas pada 7 Oktober. Sepanjang itu, mereka pun banyak membantu Tel Aviv termasuk dalam hal penjualan senjata.

Mengutip Reuters, Inggris memasok senjata senilai 42 juta pound (USD53 juta) ke Israel pada 2022. Ekspor tersebut juga terus dilanjutkan seiring kebutuhan Israel dalam perangnya melawan Hamas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)
pixels