Dubes RI Resmikan Pusat Studi Nusantara di Republik Dagestan

Sabtu, 30 Maret 2019 - 23:21 WIB
Dubes RI Resmikan Pusat Studi Nusantara di Republik Dagestan
Dubes RI Resmikan Pusat Studi Nusantara di Republik Dagestan
A A A
MOSKOW - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rusia dan Belarusia, M Wahid Supriyadi, meresmikan Pusat Nusantara di Sekolah Tinggi Humaniter dan Pedagogi Dagestan di Makhachkala. Peresmian itu dilakukan pada hari ketiga lawatan kerjanya di Dagestan pada Selasa (26/3/2019) lalu.

"Pusat Nusantara ini adalah yang pertama di wilayah Kaukasia Utara dan sangat strategis sifatnya. Oleh karena itu, saya berharap keberadaannya dapat mendorong hubungan yang lebih dekat antara Dagestan dengan Indonesia," ujar Dubes Wahid dalam rilis yang diterima Sindonews, Sabtu (30/3/2019).

Direktur Sekolah Tinggi Pedagogi Humaniter Republik Dagestan, Jennet Temurkaeva, menyambut baik berdirinya Pusat Nusantara dan berharap, ke depan, dapat menjembatani hubungan kedua bangsa terutama di kalangan warga generasi muda.

"Kemitraan nyata yang sebenarnya adalah hubungan yang terjalin antar warga," ujar Direktur Temurkaeva.

Sementara Kepala Pusat Nusantara yang juga Wakil Direktur untuk Pengembangan Kerja Sama Internasional, Abdulaev Ibragimgadzi, menyatakan kegembiraannya karena setelah berdiri selama 8 tahun akhirnya dapat diresmikan langsung oleh Dubes RI.

Untuk diketahui, saat ini terdapat sekitar 20 orang warga Dagestan yang pernah belajar studi Islam dan beberapa cabang keilmuan lainnya di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Yogyakarta, dan Jakarta periode keberangkatan tahun 2010 dan 2011. Sedikitnya, 10 dari mereka hadir dalam acara peresmian dan beramah tamah.

Dalam kesempatan itu, mereka menyatakan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan beasiswa dan banyak belajar dari Indonesia tentang Islam dan sopan santun. Untuk itu, Dubes Wahid mengusulkan didirikannya Asosiasi Persahabatan Indonesia-Dagestan untuk menjembatani hubungan kedua bangsa di bidang yang lebih luas. Menteri Kebijakan Nasional dan Agama Republik Dagestan, Enrik Muslimov, pun menyambut baik dan berjanji akan memfasilitasinya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4302 seconds (0.1#10.140)