Perang Terus Berlanjut, PBB Peringatkan Eksodus Baru Warga Palestina

Sabtu, 01 Juni 2024 - 12:27 WIB
loading...
Perang Terus Berlanjut, PBB Peringatkan Eksodus Baru Warga Palestina
Warga Palestina berjalan sambil memeriksa kerusakan setelah pasukan Israel mundur dari kamp pengungsi Jabalia, di Jalur Gaza utara, 31 Mei 2024. Foto/REUTERS/Mahmoud Issa
A A A
NEW YORK - Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi menyerukan gencatan senjata segera di Gaza dan mendesak Dewan Keamanan PBB mencegah "eksodus paksa warga Palestina lainnya."

“Jumlah orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena perang, kekerasan, dan penganiayaan telah mencapai 114 juta di seluruh dunia,” ungkap Grandi dalam pernyataan pada Kamis (30/5/2024), mengutip perkiraan terbaru PBB.

Namun, angka tersebut akan lebih tinggi paling cepat bulan depan saat komisi mengeluarkan pembaruan, mengacu pada situasi yang memburuk di Gaza.

Lebih dari 800.000 pengungsi Palestina telah meninggalkan Rafah, dekat perbatasan Gaza dengan Mesir, sejak pasukan Israel mulai melancarkan serangan terarah di kota itu awal bulan ini, menurut perkiraan PBB.

Rafah menampung sekitar 1,4 juta pengungsi Palestina yang mengungsi dari daerah lain di daerah kantong itu.

Pasukan Pertahanan Israel mengeluarkan perintah evakuasi untuk beberapa bagian kota saat mengirim tank dan pasukan ke lingkungan timurnya, yang memaksa warga sipil mengungsi ke daerah yang dipenuhi puing-puing yang sebelumnya dibom.

Grandi memperingatkan tentang "eksodus paksa warga Palestina lainnya," dengan membandingkannya dengan perang Arab-Israel tahun 1948 yang menyebabkan migrasi paksa yang dikenal dalam bahasa Arab sebagai Nakba, atau "malapetaka."

“Ini hanya akan menciptakan satu masalah yang sulit diatasi dan membuat solusi untuk konflik yang telah berlangsung selama puluhan tahun ini mustahil ditemukan," papar dia.



Setelah berdirinya Israel, banyak warga Palestina mencari perlindungan sementara di Tepi Barat yang dikuasai Yordania dan Gaza yang dikuasai Mesir.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)
pixels