Ini Robot Wanita Pertama di Dunia yang Jadi Penyiar Berita

Selasa, 05 Maret 2019 - 15:25 WIB
Ini Robot Wanita Pertama di Dunia yang Jadi Penyiar Berita
Ini Robot Wanita Pertama di Dunia yang Jadi Penyiar Berita
A A A
BEIJING - Channel berita China, Xinhua, sudah menggunakan robot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk jadi penyiar berita. Robot bernama Xin Xiaomeng menjadi robot wanita pertama di dunia yang jadi anchor saluran berita.

Dalam penampilannya, robot wanita ini mengenakan potongan rambut pendek. Dia juga mengenakan blus merah muda dan anting-anting layaknya jurnalis televisi. Dia tampil menyiarkan berita di Xinhua sekitar satu menit.

Penampilan robot ini dibuat persis seperti anchor sungguhan, yakni jurnalis bernama Qu Meng. Robot tersebut dikembangkan oleh Xinhua dan perusahaan teknologi Sogou Inc.

Mengutip Sputnik, Selasa (5/3/2019), Xin Xiaomeng pada hari Minggu menyajikan berita tentang para delegasi yang menghadiri pertemuan parlemen tahunan yang tiba di Beijing.

Ini bukan pertama kalinya Xinhua menampilkan robot AI sebagai penyiar berita. Pada November lalu, media China itu menggunakan robot AI pria bernama Xin Xiaohao sebagai penyiar berita di Konferensi Internet Dunia di kota Wuzhen, China timur.

China sedang berupaya untuk meningkatkan kehebatannya dalam teknologi AI, mulai dari peralatan pengintai hingga mobil yang bisa mengemudi sendiri.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5115 seconds (0.1#10.140)