Penghematan, Alasan AS Hentikan Latgab dengan Korsel

Senin, 04 Maret 2019 - 18:31 WIB
Penghematan, Alasan AS Hentikan Latgab dengan Korsel
Penghematan, Alasan AS Hentikan Latgab dengan Korsel
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengungkapkan, selain untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi pembicaraan damai dengan Korea Utara (Korut), penghematan adalah alasan lain AS menghentikan latihan gabungan dengan Korea Selatan (Korsel).

Melalui akun Twitternya, Trump menuturkan sedari awal dia memutuskan mencalonkan diri sebagai Presiden AS, dia sudah memiliki rencana untuk menghentikan latihan dengan Korsel. Menurutnya, latihan itu hanya menghambur-hamburkan uang saja.

"Alasan saya tidak ingin latihan militer dengan Kosel adalah untuk menghemat ratusan juta dolar untuk AS, di mana kita tidak mendapatkan penggantian. Itu posisi saya jauh sebelum saya menjadi presiden," kicau Trump.

"Mengurangi ketegangan dengan Korut saat ini adalah hal yang baik," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (4/3).
Dikenal sebagai Key Resolve dan Foal Eagle, latihan gabungan itu diadakan di Semenanjung Korea setiap tahun dari bulan Maret hingga April. Latihan Foal Eagle diadakan sejak 2011 sedangkan Key Resolve telah ada sejak 1976.

Seperti diketahui, Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon pada akhir pekan lalu mengumumkan Menteri Pertahanan AS dan Korsel sepakat bahwa Washington dan Seoul akan menangguhkan latihan militer bersama mereka, untuk menciptakan suasana yang kondusif untuk melakukan pembicaraan dengan Korut.

"Keduanya memperjelas bahwa keputusan aliansi untuk mengadaptasi program pelatihan kami mencerminkan keinginan kami untuk mengurangi ketegangan dan mendukung upaya diplomatik untuk mencapai denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea dengan cara yang terakhir, yang sepenuhnya diverifikasi," kata Pentagon.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4431 seconds (0.1#10.140)