Daftar Negara Eropa yang Akui Kemerdekaan Palestina, Terbaru Ada Spanyol, Norwegia dan Irlandia

Jum'at, 24 Mei 2024 - 16:07 WIB
loading...
Daftar Negara Eropa yang Akui Kemerdekaan Palestina, Terbaru Ada Spanyol, Norwegia dan Irlandia
Bendera Palestina dikibarkan di halaman luar Balai Kota Oslo, Norwegia, 29 November 2023. Foto/NTB/Ole Berg-Rusten/REUTERS
A A A
MADRID - Terdapat belasan negara eropa yang akui kemerdekaan Palestina. Jumlah itu lantas bertambah setelah Spanyol, Norwegia dan Irlandia ikut mengakui Palestina sebagai negara pada Selasa (21/5/2024).

Dilansir dari Al Jazeera, Norwegia, Spanyol dan Irlandia menyampaikan pengumuman mereka seiring dengan semakin banyaknya negara yang secara terbuka mempertimbangkan pengakuan Palestina sebagai negara merdeka.

Sementara itu, beberapa negara Eropa lainnya dalam beberapa minggu terakhir mengindikasikan mereka berencana mengakui negara Palestina, dengan alasan solusi dua negara sangat penting untuk perdamaian abadi di wilayah tersebut.

“Pemerintah Malta siap mengakui negara Palestina bila pengakuan tersebut dapat memberikan kontribusi positif, dan bila situasinya tepat,” ungkap Kementerian Luar Negeri Malta, dilansir AP.

Sedangkan Pemerintah Belgia sedang mendiskusikan apakah akan bergabung dengan tiga negara Eropa lainnya. Perdana Menteri Alexander De Croo mengatakan bahwa pengakuan apa pun perlu dilakukan pada waktu yang tepat.

Terlepas dari kabar tersebut, sebenarnya telah cukup banyak negara-negara di Benua Biru yang telah mengakui Palestina sebagai negara. Bahkan sejak tahun 1988 silam.

Negara Eropa yang Akui Kemerdekaan Palestina


1. Spanyol (2024)

2. Norwegia (2024)

3. Irlandia (2024)

4. Swedia (2014)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)
pixels