Presiden Iran Ebrahim Raisi Dimakaman, Kota Masyhad Jadi Lautan Pelayat

Jum'at, 24 Mei 2024 - 09:23 WIB
loading...
A A A
Raisi adalah perwakilan Khorasan Selatan di Majelis Ahli, sebuah badan ulama yang bertugas memilih atau memberhentikan pemimpin tertinggi Iran.

Perpisahan yang Epik


Raisi secara luas diperkirakan akan menggantikan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, yang memimpin doa di Teheran pada hari Rabu untuk almarhum presiden dan berlutut di depan peti mati delapan orang yang meninggal dalam kecelakaan helikopter.

Di antara mereka adalah Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, yang dimakamkan pada Kamis di kuil Shah Abdol-Azim di kota Shahre Ray di selatan ibu kota.

Para pejabat Iran dan pejabat asing memberikan penghormatan kepada almarhum diplomat tertinggi tersebut dalam sebuah upacara di Teheran menjelang pemakamannya.

Kerumunan besar orang berkumpul untuk prosesi pemakaman di Ibu Kota Iran; Teheran, pada hari Rabu untuk memberikan penghormatan terakhir mereka kepada presiden, yang oleh para pejabat dan media dijuluki sebagai “martir”.

Surat kabar konservatif Iran memuat gambar-gambar besar di halaman depan pertemuan massa pelayat tersebut pada hari Kamis, memuji upacara tersebut sebagai “perpisahan yang epik” dan mengatakan bahwa Raisi akan selamanya tetap “di hati rakyat”.

Harian reformis seperti Sazandegi memuat berita utama yang berbunyi: “Perpisahan terakhir”.

Presiden Tunisia Kais Saied dan Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani menghadiri upacara sore untuk Raisi pada hari Rabu yang dihadiri sekitar 60 perwakilan negara, menurut IRNA.

Negara-negara anggota Uni Eropa termasuk di antara yang tidak hadir dalam upacara tersebut, sementara beberapa negara non-anggota, termasuk Belarusia dan Serbia mempunyai perwakilan.

Para pemimpin kelompok militan regional “poros perlawanan” yang dipimpin Iran juga datang ke republik Islam tersebut untuk menghadiri pemakaman.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)