Bersiap Perang dan Bencana, Warga Inggris Didesak Timbun Makanan dan Air

Kamis, 23 Mei 2024 - 18:01 WIB
loading...
Bersiap Perang dan Bencana, Warga Inggris Didesak Timbun Makanan dan Air
Warga Inggris diminta menimbun makanan dan air. Foto/Global Look Press/Felix Kaestle
A A A
LONDON - Warga Inggris sebaiknya mulai menimbun makanan dan air serta mengembangkan “rencana darurat rumah tangga” agar siap menghadapi segala macam bencana atau konflik.

Seruan itu diungkap dalam situs web baru yang dibuat pemerintah Inggris. Dijuluki ‘Persiapan’ dan disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Oliver Dowden, halaman web tersebut mendorong masyarakat tidak mengandalkan keselamatan mereka hanya pada pihak berwenang.

Inisiatif ini merupakan bagian dari dorongan Dowden untuk menjadikan negara tersebut “lebih tangguh” dalam menghadapi berbagai ancaman yang semakin meningkat mulai dari bencana alam hingga konflik, media Inggris melaporkan.

Berbicara pada Konferensi Pertahanan London di King's College pada Rabu (22/5/2024), wakil perdana menteri Inggris itu mengatakan, “Ketahanan dimulai dari dalam negeri.”

“Kami berupaya sejak dini untuk membekali seluruh masyarakat untuk bersiap menghadapi dan bahkan mencegah guncangan berikutnya sambil menyampaikan rencana yang jelas dan kuat yang sangat penting bagi pertahanan nasional kita,” papar dia.

Daftar potensi “kejutan” yang mungkin dihadapi Inggris, menurut pemerintah, mencakup segala hal mulai dari serangan dunia maya dan pemadaman listrik hingga banjir, biohazard, jilatan api matahari, dan pandemi baru.



Nasihat yang diberikan pihak berwenang dalam hal ini termasuk mengenal “risiko di daerah Anda”, menerima peringatan, mempelajari “keterampilan dasar pertolongan pertama” dan menuliskan “nomor telepon siapa pun yang ingin Anda hubungi dalam keadaan darurat.”

“Memiliki rencana darurat rumah tangga, termasuk rute keluar terbaik dari rumah Anda juga tidak ada salahnya,” menurut situs web ‘Prepare’.

Selain itu, warga Inggris yang telah mempersiapkan diri dengan baik diharapkan memiliki “peralatan darurat” di lokasi yang mudah dijangkau di rumah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)
pixels