Semua Awak Kabin Singapore Airlines yang Turbulensi Terluka, Penumpang yang Tewas Diduga Mengalami Serangan Jantung

Rabu, 22 Mei 2024 - 16:28 WIB
loading...
Semua Awak Kabin Singapore Airlines yang Turbulensi Terluka, Penumpang yang Tewas Diduga Mengalami Serangan Jantung
Singapore Airline mengalami turbulensi yang mengakibatkan satu penumpang tewas. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Singapore Airlines mengatakan sebuah pesawat bantuan terbang ke Singapura pada Rabu pagi dengan sebagian besar penumpang yang berada dalam penerbangan tersebut dilanda turbulensi parah di Samudera Hindia.Semua awak kabin dikabarkan terluka dan penumpang yang tewas diduga mengalami serangan jantung.

Maskapai tersebut mengatakan 143 penumpang tiba di negara kota itu. CEO maskapai tersebut, Goh Choon Phong, mengatakan ada tambahan 79 penumpang dan enam awak pesawat yang masih berada di Bangkok, termasuk 71 orang yang dirawat di rumah sakit hingga Rabu pagi. Maskapai tersebut mengatakan kepada The Associated Press bahwa penerbangan bantuan kedua telah direncanakan.

Penerbangan SQ321 milik maskapai tersebut sedang terbang dari bandara Heathrow London ke Singapura, dengan 211 penumpang dan 18 awak di dalamnya, ketika pesawat tersebut mengalami turbulensi pada hari Selasa, menghantam orang-orang di dalam pesawat. Boeing 777 turun 6.000 kaki (sekitar 1.800 meter) dalam waktu sekitar tiga menit.

“Kami sangat menyesal atas pengalaman traumatis yang dialami semua orang di pesawat SQ321,” kata Goh dalam video di media sosial. Dia mengatakan maskapai penerbangan tersebut memberikan semua dukungan yang diperlukan dan berjanji akan bekerja sama sepenuhnya dalam penyelidikan.

Seorang pejabat bandara mengatakan pria Inggris berusia 73 tahun yang meninggal itu mungkin mengalami serangan jantung, meski hal itu belum terkonfirmasi.

Penumpang yang Tewas Diduga Mengalami Serangan Jantung

Pejabat Thailand menyembunyikan nama pria tersebut, namun media Inggris mengidentifikasinya sebagai Geoff Kitchen, yang sedang pergi berlibur bersama istrinya. Dia termasuk di antara penumpang yang dibawa ke rumah sakit di Bangkok

Kitchen digambarkan sebelumnya bekerja di industri asuransi, dan setelah pensiun melanjutkan keterlibatannya dengan teater amatir.

Grup Teater Musikal Thornbury, tempat dia bekerja, mengatakan dia “selalu menjadi pria terhormat dengan kejujuran dan integritas tertinggi dan selalu melakukan apa yang benar untuk grupnya.”

Penumpang yang tiba di Bandara Changi Singapura pada hari Rabu disambut oleh Goh dan anggota keluarga mereka, beberapa di antaranya menangis bahagia dan lega. Mereka digiring keluar dan tidak berbicara kepada media.

Pejabat dari Kedutaan Besar Inggris dan Malaysia di Bangkok mengunjungi Rumah Sakit Samitivej Srinakarin pada hari Rabu untuk memeriksa korban luka. Pejabat Inggris dibawa ke lantai sembilan, yang menampung unit perawatan intensif rumah sakit bersama dengan bangsal bedah anak dan transplantasi sumsum tulang. Pejabat rumah sakit mengatakan 61 orang yang terluka dirawat di sana dan 10 orang telah dipindahkan ke rumah sakit lain dalam jaringannya.

Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan sembilan warga negara tersebut, termasuk seorang awak pesawat, dirawat di Rumah Sakit Samitivej Srinakarin dan tiga di Rumah Sakit Samitivej Sukhumvit. “Menurut kedua rumah sakit tersebut, semuanya menderita luka fisik dan internal, dengan satu orang dalam kondisi kritis namun stabil,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Semua Awak Kabin Terluka karena Tak Sempat Duduk

Mengisahkan kecelakaan tersebut, penumpang asal Inggris Andrew Davies mengatakan kepada Sky News bahwa tanda sabuk pengaman menyala tetapi anggota kru tidak punya waktu untuk mengambil tempat duduk mereka.

“Setiap awak kabin yang saya lihat terluka dalam beberapa hal, mungkin dengan luka di kepala,” kata Davies. “Yang satu menderita sakit punggung, yang jelas-jelas kesakitan.”

Dzafran Azmir, seorang pelajar berusia 28 tahun dalam penerbangan tersebut, mengatakan kepada ABC News: “Beberapa orang kepalanya terbentur kabin bagasi di atas dan membuatnya penyok. Mereka menabrak tempat-tempat di mana lampu dan masker berada dan langsung menerobosnya.”


Turbulensi Terjadi saat Disuguhi Makanan oleh Pramugari

Kittipong Kittikachorn, General Manager Bandara Suvarnabhumi, mengatakan penurunan mendadak terjadi saat penumpang sedang disuguhi makanan. Dia mengatakan sedikitnya tujuh penumpang terluka parah. Pria asal Inggris itu tampaknya mengalami serangan jantung tetapi otoritas medis perlu memastikannya, katanya.

Data pelacakan yang ditangkap oleh FlightRadar24 dan dianalisis oleh The Associated Press menunjukkan penerbangan Singapore Airlines SQ321 meluncur di ketinggian 37.000 kaki (11.300 meter).

Menurut data, Boeing 777-300ER tiba-tiba dan tajam turun ke ketinggian 31.000 kaki (9.400 meter) dalam waktu sekitar tiga menit. Pesawat kemudian bertahan di ketinggian 31.000 kaki (9.400 meter) selama kurang dari 10 menit sebelum mengalihkan dan mendarat di Bangkok kurang dari setengah jam kemudian.

Kebanyakan orang mengasosiasikan turbulensi dengan badai besar, namun jenis yang paling berbahaya adalah turbulensi udara jernih. Pergeseran angin dapat terjadi di awan cirrus tipis atau bahkan di udara cerah dekat badai petir, karena perbedaan suhu dan tekanan menciptakan arus kuat di udara yang bergerak cepat.

Menurut laporan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS pada tahun 2021, turbulensi menyumbang 37,6% dari semua kecelakaan pada maskapai penerbangan komersial besar antara tahun 2009 dan 2018. Federal Aviation Administration, lembaga pemerintah AS lainnya, mengatakan ada 146 cedera serius akibat turbulensi dari pesawat. 2009 hingga 2021.

Boeing menyampaikan belasungkawa kepada keluarga orang yang meninggal tersebut dan mengatakan pihaknya telah melakukan kontak dengan Singapore Airlines “dan siap memberikan dukungan kepada mereka.”

Boeing 777 berbadan lebar adalah pekerja keras dalam industri penerbangan, terutama digunakan untuk penerbangan jarak jauh oleh maskapai penerbangan di seluruh dunia. Varian 777-300ER dari pesawat bermesin ganda, dua lorong ini berukuran lebih besar dan dapat mengangkut lebih banyak penumpang dibandingkan model sebelumnya.

Singapore Airlines, maskapai penerbangan utama negara kota tersebut, mengoperasikan 22 pesawat sebagai bagian dari armadanya yang berjumlah lebih dari 140 pesawat. Perusahaan induk maskapai ini mayoritas dimiliki oleh konglomerat investasi pemerintah Temasek Singapura dan juga mengoperasikan maskapai penerbangan hemat Scoot.

Singapore Airlines mengatakan penumpang tersebut berkewarganegaraan 56 orang Australia, dua orang Kanada, satu orang Jerman, tiga orang India, dua orang Indonesia, satu orang Islandia, empat orang Irlandia, satu orang Israel, 16 orang Malaysia, dua orang Myanmar, 23 orang Selandia Baru, lima orang Filipina, 41 orang Singapura, satu warga Korea Selatan, dua warga Spanyol, 47 warga Inggris, dan empat warga Amerika Serikat.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)
pixels