Tandingi Manuver AS-Filipina, China Kerahkan Kapal Perang Terkuat ke Laut China Selatan

Senin, 13 Mei 2024 - 09:59 WIB
loading...
A A A
Manila memasang beberapa rudal pada tahun lalu di zona ekonomi eksklusif sepanjang 200 mil laut (370 km) untuk menegaskan klaim maritimnya.

China, yang mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan berdasarkan apa yang mereka sebut sebagai “sembilan garis putus-putus” yang bersejarah, merespons dengan memberikan dukungan mereka sendiri.

Song Zhongping, mantan instruktur PLA, mengatakan latihan Angkatan Laut adalah “latihan rutin” di Laut China Selatan.

“[Tetapi PLA] pasti akan memilih waktu yang tepat untuk latihan ini, seperti ketika Amerika Serikat, Filipina, dan Australia semakin provokatif,” kata Song.

“Meskipun negara-negara telah berulang kali mengeklaim bahwa latihan ini tidak ditujukan pada pihak ketiga, bagaimana mungkin mereka tidak menargetkan pihak ketiga? [Kita] harus menargetkan siapa pun yang memprovokasi kepentingan utama negara [kita]," paparnya.

Lebih dari 11.000 tentara Amerika dan 5.000 tentara Filipina ambil bagian dalam latihan Balikatan, bersama dengan 150 tentara Australia dan 100 tentara Prancis.

Beberapa bagian dari latihan tersebut, yang berakhir pada hari Jumat, untuk pertama kalinya dilakukan di luar batas 12 mil laut wilayah perairan Filipina.

Peristiwa tersebut mencakup latihan penembakan langsung dari pantai Filipina hingga Laut China Selatan, dan penenggelaman kapal tanker buatan China selama latihan “menenggelamkan kapal musuh”.

Manila mengatakan pemilihan kapal tersebut “tidak disengaja”.

Dikatakan juga bahwa latihan tersebut tidak ditujukan ke negara mana pun, namun Manila telah berulang kali menuduh Coast Guard China melakukan manuver berbahaya di wilayah sengketa Laut China Selatan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0792 seconds (0.1#10.140)