Jet Tempur AS dan Kanada Gelar Latihan Militer Gabungan di Arktik

Selasa, 18 Agustus 2020 - 14:30 WIB
loading...
Jet Tempur AS dan Kanada Gelar Latihan Militer Gabungan di Arktik
Jet tempur CF-18 milik Kanada sedang bermanuver. Foto/REUTERS
A A A
OTTAWA - Jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Kanada akan menggelar latihan pertahanan udara gabungan di wilayah Arktik, menurut keterangan Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara (NORAD).

Rincian yang diberikan pada media mengumumkan NORAD akan menggelar latihan pertahanan udara dari 17-21 Agustus, mulai dari Laut Beaufort ke Thule, Greenland.

Latihan itu melibatkan jet tempur CF-18, pesawat patroli jarak jauh CP-140 dan pesawat pengisi bahan bakar di udara CC-150T milik Angkatan Udara Kanada. Angkatan Udara AS melibatkan jet tempur F-15, pengisi bahan bakar di udara KC-10 dan pesawat pengangkut C-17.

Latihan akan berlangsung di 4 Wing Cold Lake, Alberta, dan Yellowknife, Northwest Territories. Latihan terbang akan dilakukan di wilayah Arktik yang jarang populasinya dan di ketinggian tinggi.

Publik tidak akan melihat atau mendengar bunyi selama latihan tersebut karena lokasi di daerah jarang penduduk. Meski demikian, terjadi peningkatan aktivitas penerbangan di Yellowknife.

NORAD secara rutin menggelar latihan dengan beragam skenario seperti pelanggaran pembatasan wilayah udara, pembajakan dan respon pada pesawat tak dikenal. (Baca Juga: Israel Setujui Mega Proyek Pemukiman Yahudi, Termasuk Jalan Penghubung)

NORAD secara hati-hati menyusun rencana dan mengontrol semua latihan. "Latihan pertahanan udara ini memberi peluang meningkatkan skill dalam latihan gabungan AS dan Kanada saat operasi gabungan di Arktik," papar pernyataan NORAD. (Baca Infografis: Merdeka Pak Jokowi! Ini Saran Pelaku Usaha untuk Ekonomi RI)

NORAD menerapkan langkah pencegahan Covid-19 pada seluruh personelnya yang terlibat dalam latihan militer gabungan. (Lihat Video: Warga Antusias Beri Penghormatan Pada Merah Putih Pukul 10.17 WIB)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)