NATO Bantah Tumpuk Pasukan dan Peralatan Militer Dekat Belarusia

Senin, 17 Agustus 2020 - 12:05 WIB
loading...
NATO Bantah Tumpuk Pasukan dan Peralatan Militer Dekat Belarusia
NATO membantah tuduhan Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko bahwa mereka sedang menumpuk pasukan dan peralatan militer di dekat perbatasan barat negara itu. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - NATO membantah tuduhan Presiden Belarusia , Alexander Lukashenko bahwa mereka sedang menumpuk pasukan dan peralatan militer di dekat perbatasan barat negara itu. Tetapi, NATO mengatakan pihaknya sedang memantau situasi setelah pemilihan ulang di Belarusia, yang menjadi penyebab demonstrasi dan kerusuhan besar di negara itu.

Lukashenko mengatakan, tank dan pesawat dari aliansi militer 30 negara telah dikerahkan dekat perbatasan Belarusia. Dia mengatakan, tank dan pesawat NATO bisa memasuki Belarusia kurang dari 15 menit.

"Tidak ada penumpukan militer NATO di kawasan itu. Kehadiran pasukan multinasional NATO bukanlah ancaman bagi negara manapun. Ini sangat defensif, proporsional, dan dirancang untuk mencegah konflik dan menjaga perdamaian," ucap juru bicara NATO, Oana Lungescu seperti dilansir Reuters pada Senin (16/8/2020).

Dia kemudian mengatakan, NATO memantau dengan cermat peristiwa di Belarus, yang dicengkeram oleh protes sejak pemilihan 9 Agustus yang menurut pihak oposisi telah dicurangi, dan menyerukan kebebasan dasar untuk dihormati, termasuk hak untuk protes damai. ( Baca Juga: Lihat grafis: GJ 504b, Planet Cantik Berwarna Merah Muda

Lihat Juga: Wahana Penjelajah Curiosity Temukan Molekul Organik Baru di Planet Mars
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)