5 Fakta Kekuatan Militer Mesir, Lebih Kuat dari Israel Jika AS Tidak Ikut Campur

Jum'at, 29 Maret 2024 - 17:30 WIB
loading...
5 Fakta Kekuatan Militer Mesir, Lebih Kuat dari Israel Jika AS Tidak Ikut Campur
Tentara Mesir berada di atas tank saat mengamankan wilayah perbatasan. Foto/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
A A A
KAIRO - Sederet fakta kekuatan militer Mesir menarik diketahui. Baru-baru ini, hubungan negara tersebut dengan Israel menjadi panas usai munculnya kabar Tel Aviv yang akan melakukan invasi ke Rafah.

Beberapa waktu lalu, seorang pensiunan perwira senior di Pasukan Pertahanan Israel (IDF) bahkan memperingatkan adanya peningkatan kekuatan militer tentara Mesir di Sinai sejak tahun 2004.

Letnan Kolonel Eli Dekel yang berspesialisasi dalam sistem infrastruktur di negara-negara Arab menyebutkan hal di atas dalam laporan di situs berita Nziv.

Lebih jauh, ia juga menekankan Mesir ancaman keamanan bagi Israel dan bisa jadi sedang mempersiapkan semacam perang di masa depan.

Pada statusnya, kekuatan militer Mesir memang terus meningkat seiring waktu. Tak hanya di kawasan Arab saja, namun juga dunia. Berikut ini sejumlah faktanya yang bisa diketahui.

Fakta Kekuatan Militer Mesir

1. Nomor 15 Dunia


Pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2024 menempatkan Mesir pada urutan ke-15 dunia. Kairo memiliki skor PowerIndex sebesar 0,2283 (sempurna: 0,0000).

Catatan tersebut membuatnya berhasil mengungguli sejumlah negara Barat. Misalnya seperti Ukraina (18), Jerman (19) hingga Spanyol (20).

2. Negara Arab dengan Militer Terkuat


Tidak ada ketentuan khusus bagi sebuah negara yang masuk kategori negara Arab. Namun, secara umum seluruh negara yang menjadi anggota Liga Arab dikenal juga sebagai negara Arab.

Jika melihat daftarnya, Mesir menjadi negara dengan militer terkuat. Berada pada peringkat 15 dunia versi GFP, Kairo bahkan mengungguli negara terkenal seperti Arab Saudi (23).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0885 seconds (0.1#10.140)