Bangga Buatan Indonesia, KJRI San Francisco Selenggarakan Pameran Dagang Virtual

Minggu, 16 Agustus 2020 - 11:29 WIB
loading...
A A A
Pada sesi selanjutnya pameran diisi oleh bisnis produk yang menjual makanan Indonesia seperti Nuts+Nuts USA, Tofurky, dan the Tropical Kitchen. Di sesi kedua, para vendor tidak hanya mendemonstrasikan produknya secara virtual namun juga berbagi tanggapannya mengenai produk-produk Indonesia. Salah satunya disampaikan oleh Seth Tibbot, warga Amerika pendiri perusahaan makanan vegetarian “Tofurky” yang memproduksi tempe sebagai salah satu produknya.

“Tempe semakin populer di AS, pertumbuhan penjualan tempe mencapai 40% pada tahun 2020 dan menjadikannya salah satu dari 10 subkategori daging beku alternatif teratas di supermarket konvensional AS," ujarnya.

"Tempe merupakan produk serbaguna sehingga dan dapat digunakan untuk berbagai makanan seperti sushi, burger, taco atau bahkan untuk topping dessert,” imbuhnya.

Fusion tempe dalam hidangan taco mendapatkam tanggapan yang positif dari Perwakilan Konsulat Jenderal Meksiko, Francisco Guzman.

“Pameran dagang virtual ini luar biasa. Kami mencatat dan akan mencoba menggunakan tempe pada makanan-makanan Meksiko,” ujarnya.

Sesi terakhir pameran menampilkan bisnis furnitur yaitu Selamat Designs dan produk alas kaki yaitu Indosole.

Kegiatan ini disaksikan oleh lebih dari 400 audiens yang terdiri dari beberapa Konsul Jenderal negara sahabat di San Francisco seperti Jepang, Filipina, Vietnam, Ukraina, Georgia, wakil dari berbagai Kamar Dagang di Sacramento, San Francisco, dan Portland. Para pelaku bisnis lokal dan komunitas Indonesia dari berbagai wilayah di AS juga hadir seperti California, Oregon, New York, Georgia, DC, Virginia, Alberta, Illinois, Texas, Massachusetts, Washington State, Florida, Pennsylvania dan Indonesia.

Indonesia Virtual Fest mendapatkan tanggapan positif dari berbagai kalangan dan audiens. Kegiatan pameran virtual ini merupakan suatu terobosan penting mengingat intensitas pemasaran produk sudah tidak terbatas dengan kegiatan promosi secara fisik.

Pada tahun 2019, total perdagangan RI - AS mencapai USD 27,1 miliar. Sekitar 11.84% atau sebesar USD 3.21 miliar dari nilai tersebut masuk melalui 5 pelabuhan AS di wilayah kerja KJRI San Francisco yaitu San Francisco di California, Seattle di Washington, Columbia-Snake di Oregon, Great-Falls di Montana, dan Anchorage di Alaska. Beberapa produk unggulan Indonesia yang masuk ke wilayah kerja KJRI San Francisco meliputi pakaian jadi, mesin, furnitur, dan kopi.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)