Seoul Sebut Tidak Ada Tenggat Waktu Dalam Denuklirisasi Korut

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:45 WIB
Seoul Sebut Tidak Ada Tenggat Waktu Dalam Denuklirisasi Korut
Seoul Sebut Tidak Ada Tenggat Waktu Dalam Denuklirisasi Korut
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Korea Selatan (Korsel), Bahk Sahng-Hoon menyatakan, pihaknya, Korea Utara (Korut), dan juga Amerika Serikat (AS) tidak pernah menyampaikan mengenai tenggat waktu dalam proses denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Pada faktanya proses denuklirisasi akan sangat pasti dan pada saat bersamaan akan membutuhkan waktu yang sangat penjang. Tapi, saya pikir kita membutuhkan kesabaran, tapi apa yang paling penting adalah kita harus memastikan langkah yang akan diambil Korut, terkait dengan denuklirisasi," ucap Sahng-Hoon pada Senin (15/10).

"Saya tidak melihat adanya waktu yang spesifik dan saya tidak melihat AS, Korsel dan Korut memunculkan tanggal pasti dan tenggat waktu pada saat ini. Ini sudah pasti membutuhkan proses yang sangat panjang dan membutuhkan kesabaran," sambungnya.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai adakah hambatan dalam proses tersebut, Sahng-Hoon menuturkan saat ini nyaris tidak ada hambatan. Dia menyebut, pertemuan terbaru antara Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un. menghapus berbagai hambatan yang ada.

Terkait dengan sanksi kepada Korut, Sahng-Hoon menyatakan Seoul akan terus mempertahankan sanksi kepada Korut. Alasannya, sanksi adalah penjamin utama Korut akan terus melanjutakn pembicaraan damai.

"Seperti yang sudah pernah kami sampaikan, bahwa tekanan maksimum terhadap Korut akan terus diterapkan, karena ini adalah satu-satunya Korut akan terus mengikuti proses damai. Kami satu pemikiran dengan AS dalam hal ini," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3089 seconds (0.1#10.140)