alexametrics

Paus Terima Pengunduran Diri Kardinal AS atas Skandal Seks

loading...
Paus Terima Pengunduran Diri Kardinal AS atas Skandal Seks
Kardinal Donald Wuerl mengundurkan diri sebagai Uskup Agung Washington, Amerika Serikat. Foto/REUTERS/Alessandro Bianchi
A+ A-
VATIKAN - Pemimpin Vatikan Paus Fransiskus (Francis) menerima pengunduran diri Kardinal Donald Wuerl, 77, sebagai Uskup Agung Washington, Amerika Serikat (AS) terkait skandal pelecehan seksual. Kardinal Wuerl merupakan salah satu tokoh Katolik paling senior di Washington.

Wuerl, yang menjadi uskup di Pittsburgh antara 1988 hingga 2006, disalahkan sejumlah pihak karena tidak melakukan banyak hal untuk menindak imam paedofil. Dia justru menutupi skandal imam gereja di negara bagian Pennsylvania.



Namun, dalam suratnya kepada Wuerl yang dirilis pada hari Jumat, Paus Francis memuji sekutu lamanya itu. Menurutnya, Wuerl telah secara tidak adil menjadi kambing hitam dalam menangani kasus pelecehan seksual.

"Namun, kebangsawanan Anda telah membuat Anda tidak memilih cara membela diri. Dari ini, saya bangga dan terima kasih," tulis Paus dalam suratnya, yang dikutip Reuters, Sabtu (13/10/2018).

"Penolakan Anda adalah tanda ketersediaan dan ketaatan Anda kepada Roh yang terus bertindak di Gereja-Nya," lanjut dia mengacu pada kepasrahan Wuerl yang disalahkan atas ulah nakal para imam paedofil.

Francis juga meminta Wuerl untuk tetap menjadi administrator sampai uskup agung baru diangkat. Dia tetap memegang gelar kardinal.

Wuerl menyebut surat paus sebagai pengakuan yang "sangat, sangat indah" dan mencatat bahwa keputusannya akan "memungkinkan gereja lokal bergerak maju."
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak