alexametrics

Roket Pelontar Alami Kegagalan, Pesawat Luar Angkasa Soyuz Mendarat Da

loading...
Roket Pelontar Alami Kegagalan, Pesawat Luar Angkasa Soyuz Mendarat Da
Pesawat yang harusnya mengirimkan awak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) itu mendarat darurat setelah roket pelontar Soyuz FG mengalami masalah. Foto/Reuters
A+ A-
MOSKOW - Badan antariksa Rusia, Roscosmos menyatakan, pesawat luar angkasa Soyuz MS-10 terpaksa melakukan pendaratan darurat. Pesawat yang harusnya mengirimkan awak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) itu mendarat darurat setelah roket pelontar Soyuz FG mengalami masalah.

Kepala Roscosmos, Dmitry Rogozin menyatakan, para kru yakni seorang komonot Rusia dan astonot Amerika Serikat (AS), dalam pesawat itu berhasil mendarat dengan selamat. Dia juga menuturkan, penyelidikan atas insiden ini telah dilakukan. 

"Para kru telah mendarat. Semua masih hidup," kaya Rogozin melalui akun Twitternya, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (11/10).

"Saya memutuskan untuk membentuk sebuah tim yang akan menentukan penyebab kecelakaan roket Soyuz-FG. Tim itu sudah mulai bekerja. Telemetri sedang dipelajari. Layanan penyelamatan telah bekerja sejak detik pertama kecelakaan. Sistem penyelamatan darurat pesawat ruang angkasa Soyuz-MS bekerja dengan baik," sambungnya.

Pernyataan Roscosmos diperkuat oleh pernyataan badan antarika AS, NASA, yang menuturkan bahwa kosmonot Rusia, Alexey Ovchinin dan astronot NASA Nick Hague telah meninggalkan sebuah kapsul setelah pesawat mereka melakukan pendaratan darurat.

"Tim pencari dan penyelamat telah mencapai tempat pendaratan pesawat ruang angkasa Soyuz dan melaporkan bahwa dua anggota awak dalam kondisi baik dan keluar dari kapsul. Tim pencari dan penyelamat bersama kru sekarang," kata NASA melalui akun Twitternya.

Sementara itu, menurut seorang sumber di Roscosmos menyatakan bahwa pesawat itu mendarat darurat setelah satu dari empat roket pelontar gagal mencapai tahap kedua pembakaran. Sumber itu menuturkan, tim Roscosmos akan melakukan inspeksi pusat ruang roket tempat roket Soyuz FG diproduksi
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak