alexametrics

Tulisan Kuno yang Belum Terpecahkan Maknanya

loading...
A+ A-
Sejarah peradaban manusia meninggalkan naskah, kode, dan juga tulisan dengan beragam makna. Beberapa berhasil diungkap artinya oleh manusia, tetapi banyak juga yang masih misterius. Berikut 10 tulisan kuno paling mengandung teka-teki di dunia.

PHAISTOS DISC

Disc Phaistos (Piringan Phaistos) adalah kepingan tanah liat bersandi yang ditemukan oleh arkeolog Italia, Luigi Pernier. Kepingan ini tepatnya ditemukan di situs Minoan, Phaistos, pada tahun 1908. Hieroglyphics, atau tulisan Mesir pada masa purbakala, yang ada pada kepingan ini, diyakini berasal dari milenium kedua SM. Beberapa akademisi yakin bahwa hieroglyphics ini serupa dengan simbol Linear A dan Linear B yang digunakan oleh nenek moyang suku Crete. Sayangnya, hingga kini, Linear A belum berhasil untuk dipecahkan.

SINGAPORE STONE

Batu Singapura (Singapore Stone) adalah sebongkah batu pasir besar yang ditemukan di Singapura. Skrip atau naskah ini mungkin berasal antara abad 10 dan 13 dan mungkin berupa bahasa Jawa Kuno atau Sansekerta. Sayangnya, batu ini sekarang sebagian besar hancur karena pada 1843, lempengan asli batu diledakkan untuk melebarkan jalan sungai

ISTHMIAN

Ditemukan di Amerika, diduga tulisan kuno yang bernama Isthmian Script ini adalah sebuah tulisan kuno Suku Mesoamerika. Isthmian Script ini adalah sebuah tulisan yang ditemukan dalam beberapa batu yang memiliki kerumitan arti. Beberapa orang ada yang bisa menerjemahkannya satu persatu kata dan juga simbol, namun ketika digabungkan tulisan ini mengandung arti berbeda sama sekali. Hal ini tentunya mengundang berbagai kebingungan dari para ahli. Namun secara garis besar bisa dikatakan bahwa tulisan ini termasuk dalam bahasa logosylabic karena dilihat dari awal kata yang menggunakan logograff cukup rumit

JIAHU

Jiahu simbol kemungkinan adalah sistem tulisan tertua yang pernah ditemukan bertanggal 6600 BCE. Dalam Jiahu hanya ada 16 karakter yang dikenal yang ditemukan di situs zaman batu China. Simbol memiliki beberapa kesamaan asal-usul visual dengan skrip China setelahnya, yaitu ukiran tulang oracle (tulisan yang diukir pada tulang binatang). Kemungkinannya Jiahu bukanlah sebuah teknis tulisan, melainkan lebih kepada proto-tulisan atau hanya gambar dasar.

OLMEC

Hanya ada satu contoh dari script yang diyakini terkait dengan Kekaisaran Olmec dan itu adalah blok Cascajal bertanggal milenium pertama SM. Script ini ditemukan dalam tumpukan puing-puing di sebuah lokasi bangunan. Blok memiliki 62 glyphs di atasnya, beberapa di antaranya tampaknya adalah tanaman lokal. Sayangnya, dengan korpus kecil seperti ini, sangat sulit memahami arti tulisan scripts. Tanpa informasi tambahan, orang sah sah saja mengatakan bahwa skrip ini adalah palsu atau hoax.



INDUS SCRIPT


Seperti namanya, tulisan kuno satu ini adalah sebuah tulisan kuno yang berasal dari Sungai Indus di India. Bernama Indus Script, tulisan kuno ini memiliki berbagai simbol dan penulisan sangat sulit diterjemahkan oleh banyak ahli karena minimnya tulisan pembanding. Namun bisa dikatakan bahwa tulisan ini berasal dari suku Dravida di Indus yang saat itu sedang mengalami perkembangan cukup pesat.

halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak