Jumlah Migran Naik Tajam, Kenapa Australia Perketat Visa Mahasiswa dan Pelajar?

Kamis, 21 Maret 2024 - 14:52 WIB
loading...
Jumlah Migran Naik Tajam, Kenapa Australia Perketat Visa Mahasiswa dan Pelajar?
Australia memperketat aturan pemberian visa mahasiswa dan pelajar. Foto/Reuters
A A A
MELBOURNE - Australia akan mulai menerapkan aturan visa yang lebih ketat bagi pelajar asing pada minggu ini karena data resmi menunjukkan migrasi kembali mencapai rekor tertinggi. Itu akan semakin memperburuk pasar tenaga kerja yang sudah ketat.

Persyaratan bahasa Inggris untuk visa pelajar dan pascasarjana akan ditingkatkan, sementara pemerintah akan mendapatkan kewenangan untuk menangguhkan penyedia pendidikan dalam merekrut pelajar internasional jika mereka berulang kali melanggar peraturan.

“Tindakan akhir pekan ini akan terus menurunkan tingkat migrasi sekaligus mewujudkan komitmen kami dalam strategi migrasi untuk memperbaiki sistem rusak yang kami warisi,” kata Menteri Dalam Negeri Clare O’Neil, dilansir Reuters.

Sebuah "tes pelajar asli" yang baru akan diberlakukan untuk menindak lebih lanjut pelajar internasional yang datang ke Australia terutama untuk bekerja, sementara penerapan ketentuan "tidak boleh tinggal lebih lama" akan diterapkan pada lebih banyak visa pengunjung.

Langkah ini mengikuti serangkaian tindakan tahun lalu yang menutup konsesi era COVID yang diperkenalkan oleh pemerintahan sebelumnya, termasuk jam kerja tidak terbatas bagi pelajar internasional. Pemerintah pada saat itu mengatakan peraturan akan diperketat bagi pelajar yang dapat mengurangi separuh jumlah migran dalam dua tahun.

Australia meningkatkan jumlah migrasi tahunannya pada tahun 2022 untuk membantu dunia usaha merekrut staf guna mengisi kekurangan tenaga kerja setelah pandemi COVID-19 mengharuskan adanya kontrol perbatasan yang ketat, dan melarang pelajar serta pekerja asing keluar selama hampir dua tahun.



Namun masuknya pekerja asing dan pelajar secara tiba-tiba telah memperburuk tekanan pada pasar tenaga kerja yang sudah ketat.

Tanggal yang dirilis oleh Biro Statistik Australia pada hari Kamis menunjukkan imigrasi bersih naik 60% ke rekor 548,800 orang pada tahun ini hingga 30 September 2023, lebih tinggi dari 518.000 orang pada tahun yang berakhir Juni 2023.

Secara keseluruhan, populasi Australia meningkat 2,5% – laju tercepat yang pernah tercatat – menjadi 26,8 juta orang pada tahun ini hingga September lalu.

Rekor migrasi ini – yang didorong oleh pelajar dari India, China dan Filipina – telah memperluas pasokan tenaga kerja dan menahan tekanan upah, namun hal ini memperburuk pasar perumahan yang sudah ketat di mana lowongan sewa berada pada rekor terendah dan kenaikan biaya konstruksi membatasi pasokan baru.

O'Neil mengatakan tindakan pemerintah sejak bulan September telah menyebabkan penurunan tingkat migrasi, dengan pemberian visa pelajar internasional baru-baru ini turun sebesar 35% dibandingkan tahun sebelumnya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)